Kesulitan Penyelesaian Soal Pada Siswa Kelas VII Materi Persamaan Dan Pertidaksamaan Linier Satu Variabel Ditinjau Dari Kecerdasan Logis Matematis

Ariska, Wizaratus Shovie (2023) Kesulitan Penyelesaian Soal Pada Siswa Kelas VII Materi Persamaan Dan Pertidaksamaan Linier Satu Variabel Ditinjau Dari Kecerdasan Logis Matematis. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932300219_pra bab.pdf

Download (2MB)
[img] Text
932300219_bab1.pdf

Download (425kB)
[img] Text
932300219_bab2.pdf

Download (315kB)
[img] Text
932300219_bab3.pdf

Download (508kB)
[img] Text
932300219_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (545kB)
[img] Text
932300219_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (104kB)
[img] Text
932300219_bab6.pdf

Download (92kB)
[img] Text
932300219_Daftar Pustaka.pdf

Download (231kB)
[img] Text
932300219_sp (1).pdf

Download (143kB)

Abstract

WIZARATUS SHOVIE ARISKA, Dosen Pembimbing NUR FADILATUL ILMIYAH, M.Si dan EKA RESTI WULAN, M.Pd, Kesulitan Penyelesaian Soal Pada Siswa Kelas VII Materi Persamaan dan Pertidaksamaan Linier Satu Variabel Ditinjau Dari Kecerdasan Logis Matematis , Skripsi, Program Studi Matematika, Fakultas Tarbiyah, IAIN Kediri, 2023 Kata Kunci : Kesulitan Siswa, Persamaan dan Pertidaksamaan Linier satu Variabel, Kecerdasan Logis Matematis Belajar matematika akan membekali siswa untuk berpikir secara logis, sistematis, dan ilmiah. Namun masih banyak siswa yang mengalami kesulitan dalam menyelesaikan permasalahan matematika. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan apa saja kesulitan - kesulitan yang dialami siswa berdasarkan tingkat kecerdasan logis matematis dan apa saja faktor - faktor yang mempengaruhi kesulitan tersebut. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif .Peneliti memilih 6 siswa sebagai perwakilan untuk mendeskripsikan kesulitan siswa berdasarakan kecerdasan logis matematisnya. Instrumen yang digunakan adalah tes soal PLSV, tes kecerdasan logis matematis, dan pedoman wawancara. Analisis data pada soal tes menggunakan indikator kesulitan penyelesaian soal oleh Polya. Sedangkan analisis data kecerdasan logis matematis menggunakan indikator oleh Gardner. Untuk mengetahui faktor - faktor kesulitan siswa dalam penyelesaian soal, peneliti menganalisis hasil wawancara kepada siswa dan guru matematika. Berdasarkan hasil analisis tes kecerdasan logis matemati diperoleh siswa dengan kecerdasan logis matematis tinggi sebanyak 7 siswa dan mengalami kesulitan pada tahap melaksanakan rencana serta memeriksa kembali jawaban. Adapun faktor penyebabnya karena siswa kurang memahami cara mengoperasikan bilangan. Selanjutnya siswa dengan kecerdasan logis matematis sedang sebanyak 18 siswa dan kesulitan yang dialami pada tahap membuat rencana, melaksanakan rencana, dan memeriksa kembali jawaban. Faktor - faktor penyebabnya adalah siswa kurang mampu dalam mengumpulkan informasi untuk dikelompokkan menjadi model matematika dan siswa kurang memahami materi PLSV serta lupa dengan rumus penyelesaiannya. Hal ini berakibat langkah penyelesain yang disusun oleh siswa tidak urut dan hasil akhirnya salah. Terdapat 5 Siswa dengan tingkat kecerdasan logis matematis rendah. Siswa - siswa tersebut mengalami kesulitan pada tahap memahami soal, membuat rencana, melaksanakan rencana, dan memeriksa kembali jawaban. Faktor penyebabnya adalah siswa tidak membaca keseluruhan soal cerita karena soal cerita yang panjang. Selain itu siswa tidak mampu dalam mengumpulkan informasi untuk dikelompokkan menjadi model matematika. Siswa juga kurang memahami materi PLSV, tidak begitu menyukai matematika, dan tergesa - gesa dalam mengerjakan soal. Adapun faktor penyebab semua siswa mengalami kesulitan dalam memeriksa kembali jawaban adalah karena siswa belum dibiasakan menggunakan dua cara atau metode laindalam menyelesaikan soal. Diharapkan kepada guru untuk memperbanyak memberikan latihan soal PLSV, guna memperdalam kemampuan siswa dalam menyusun strategi penyelesaian soal.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 01 MATHEMATICAL SCIENCES (Ilmu Matematika) > 0103 Numerical and Computational mathematics (Matematika numerik dan Komputasi) > 010301 Numerical Analysis (Analisis numerik)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Tadris Matematika
Depositing User: Wizaratus Shovie Ariska
Date Deposited: 23 Aug 2024 03:07
Last Modified: 23 Aug 2024 03:07
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/14230

Actions (login required)

View Item View Item