Al’Adawiyah, Yuan Robi’ah (2024) Strategi Kepala Sekolah Dalam Mewujudkan Sekolah Unggul Di MI AL Huda Tumpang. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
20205141_Prabab.pdf Download (735kB) |
|
Text
20205141_bab1.pdf Download (442kB) |
|
Text
20205141_bab2.pdf Download (352kB) |
|
Text
20205141_bab3.pdf Download (504kB) |
|
Text
20205141_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (864kB) | Request a copy |
|
Text
20205141_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (348kB) | Request a copy |
|
Text
20205141_bab6.pdf Download (191kB) |
|
Text
20205141_daftarpustaka.pdf Download (301kB) |
|
Text
Lembar Pernyataan Persetujuan Publikasi.pdf Download (165kB) |
Abstract
Merancang kebijakan madrasah yang unggul berarti pimpinan sekolah berkonsentrasi pada peningkatan kualitas lulusan, ketepatan dalam memilih kurikulum yang sesuai, memperhatikan kualitas fasilitas yang disediakan, dan memilih dengan cermat bagaimana tenaga pendidika maupun tenaga pendidik yang akan berkolaborasi dalam sekolah tersebut yang dimulai dengan peningkatan kualitas madrasah itu sendiri. Peningkatan kualitas madrasah didefinisikan sebagai proses manajemen madrasah yang diarahkan pada peningkatan kualitas lulusan, yang direncanakan, diorganisasikan, dilaksanakan, dan dievaluasi secara otonomi dengan partisipasi semua pihak yang terlibat dalam sekolah. Kepala sekolah dapat memperbaiki hasil tes kemampuan akademik dan kemampuan lainnya untuk tetap bersaing di dunia pendidikan melalui perencanaan strategis. Maka dari itu tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan bagaimana strategi yang diterapkan oleh kepala madrasah MI Al Huda Tumpang dalam mewujudkan sekolah unggul. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dan jenis penelitian field research (penelitian lapangan), yang melibatkan penggalian data di lapangan dengan menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi sebagai metode pengumpulan data. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini diantaranya reduksi data, kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Selanjutnya, metode untuk menguji keabsahan data digunakan, termasuk ketekunan pengamatan, triangulasi, dan perpanjangan partisipasi. Berdasarkan penelitian tersebut, menujukkan bahwa: 1) Strategi Kepala sekolah telah dilaksanakan dengan baik sebagaimana peran kepemimpinan secara keseluruhan dan mampu menggunakan langkah yang tepat untuk pelaksanaan perencanaan dalam mewujudkan sekolah unggul. 2) Kurikulum yang dipilih sangat membantu dan berpengaruh besar terhadap proses belajar mengajar siswa dilihat dari hasil belajar siswa yang sengat baik dan prestasi yang terus meningkat. 3) Sarana dan prasarana yang tepat dan fasilitas yang memadai, sangat menunjang belajar siswa sehingga proses belajar mengajar dapat berlangsung dengan efektif. 4) Sumber daya manusia yang dimiliki MI Al Huda Tumpang dapat dikatakan berkualitas dan professional, baik tenaga pendidik, tenaga kependidikan maupun siswa dan lulusannya.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education (Pendidikan dasar) 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130304 Educational Administration, Management and Leadership (Administrasi Pendidikan, Manajemen dan Kepemimpinan) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | YUAN ROBI`AH AL`ADAWIYAH |
Date Deposited: | 22 Aug 2024 07:14 |
Last Modified: | 22 Aug 2024 07:14 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/14219 |
Actions (login required)
View Item |