Quroni, Uwais Al (2018) PERAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENANAMKAN NILAI-NILAI AGAMA ISLAM PADA SISWA DI SMAN 1 GURAH TAHUN AJARAN 2017/2018. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
932144914_PRA BAB.pdf Download (1MB) |
|
Text
932144914_BAB I.pdf Download (669kB) |
|
Text
932144914_BAB II.pdf Download (788kB) |
|
Text
932144914_BAB III.pdf Download (537kB) |
|
Text
932144914_BAB IV.pdf Download (356kB) |
|
Text
932144914_BAB V.pdf Download (331kB) |
|
Text
932144914_BAB VI.pdf Download (531kB) |
|
Text
932144914_LAMPIRAN.pdf Download (2MB) |
Abstract
Kata Kunci: Peran Kepala Sekolah, Nilai-nilai Agama Islam. Nilai-nilai agama Islam konsepsi yang tersurat maupun tersirat yang ada didalam agama, sehingga mempengaruhi perilaku seseorang yang menganut agama tersebut, nilai-nilai agama Islam mempunyai sifat hakiki yang datang dari Tuhan, sehingga kebenaranya diakui mutlak oleh para penganutnya. Perbedaan pada aspek nilai-nilai ajaran Islam terbagi menjadi tiga macam yaitu, pertama nilai aqidah adalah mengajarkan manusia untuk percaya akan adanya Allah Yang Maha Esa dan Maha Kuasa sebagai sang pencipta alam semesta, yang senantiasa mengawasi dan memperhitungkan segala perbuatan manusia di dunia, kedua nilai ibadah mengajarkan pada manusia agar dalam setiap perbuatanya senantiasa dilandasi hati yang iklas guna menciptakan ridho Allah, ketiga nilai akhlak mengajakan kepada manusia untuk bersikap dan berperilaku yang baik sesuai norma atau adab yang baik dan benar. Kepala sekolah SMAN 1 Gurah merupakan pemimpin serta pemegang kendali di sekolah, sehingga berperan besar dalam penanaman nilai-nilain agama Islam pada siswanya. Untuk itu peneliti memfokuskan penelitian pada: bagaimana peran kepala sekolah dalam penanaman nilai-nilai agama Islam pada siswa di SMAN 1 Gurah, dan faktor apa saja yang menjadi pendukung dan penghambat dalam menanaman nilai-nilai agama Islam pada siswa di SMAN 1 Gurah. Jenis penelitian dalam skripsi ini adalah menggunakan pendekatan kualitatif dengan rancangan penelitian studi kasus. Jenis data dalam penelitian ini dibagi menjadi dua yaitu data tertulis dan data yang tidak tertulis. Seluruh data di peroleh dari observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan cara menelaah seluruh data yang ada, reduksi data, pengecekan keabsahan data, ketekunan pengamatan dan triangulasi. Dari penelitian yang telah dilaksanakan diperoleh hasil penelitian yaitu, Peran kepala sekolah dalam penanaman nilai-nilai agama islam pada siswa di SMAN 1 Gurah didalam pelaksanaan penanaman nilai-nilai agama Islam pada siswa SMAN 1 Gurah hal penting yang perlu di perhatikan ialah menumbuhkan dan melatih akidah, ibadah dan akhlaknyacara yang di lakukan oleh kepala sekolah dalam menanamkan nilai-nilai agama Islam pada siswa adalah membina kedisiplinan di sekolah, memotivasi siswa, memberi ketauladanan kepada siswa, membuat program kegiatan di sekolah, melalui perantara guru. Faktor pendukung adadanya fasilitas yang memadai dan adanya dukungan kerjasama anatara guru dan orang tua siswa, faktor Penghambat adalah berasal dari siswa sendiri dan perbedaan pemberian keteladanan pada siswa antara di sekolah dengan di rumah.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators (Pendidikan Guru dan Pengembangan Profesional Pendidik) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Yudi Sumarsono |
Date Deposited: | 06 Oct 2020 04:33 |
Last Modified: | 06 Oct 2020 04:33 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/1421 |
Actions (login required)
View Item |