Nilai pendidikan Islam Wasathiyyah dalam kitab Kaifa Tushalli dan urgensinya terhadap kehidupan bermasyarakat

Almaliki, M Wafiq (2024) Nilai pendidikan Islam Wasathiyyah dalam kitab Kaifa Tushalli dan urgensinya terhadap kehidupan bermasyarakat. Undergraduate (S1) thesis, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kediri.

[img] Text
932104720_prabab.pdf

Download (921kB)
[img] Text
932104720_babI.pdf

Download (694kB)
[img] Text
932104720_babII.pdf

Download (981kB)
[img] Text
932104720_babIII.pdf
Restricted to Registered users only

Download (597kB)
[img] Text
932104720_babIV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (625kB)
[img] Text
932104720_babV.pdf

Download (176kB)
[img] Text
932104720_daftar pustaka.pdf

Download (438kB)
[img] Text
932104720_Lembar Pernyataan Persetujuan Publikasi.pdf

Download (105kB)

Abstract

Maraknya kelompok radikalisme, ektrimisme, terorisme, intoleran seperti kaum wahabi di Indonesia. Hal yang dapat dilakukan menangkal atau menghapus paham tersebut dengan ditanamkan moderat (wasathiyyah). Tujuan penelitian ini untuk mengeksplorasi nilai Pendidikan Islam wasathiyyah dalam kitab kaifa tushalli, urgensinya dalam kehidupan bermasyarakat serta implementasi dalam masyarakat atau Pendidikan. Jenis penelitian ini menggunakan library research dengan sumber data yang berpusat pada kitab kaifa tushalli atau literasi lain yang sesuai. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan memverivikasi secara komprehensif. Data dianalisis dengan menganalisis isi atau content analysis. Berdasarkan penelitian yang dilakukan, peneliti menyatakan bahwa kaifa tushalli mengandung nilai Pendidikan Islam wasathiyyah dengan indikator sikap wasathiyyah berupa: tawassuth (pertengahan), tawazun (berkeseimbangan), ta’addul atau I’tidal (tegak lurus), tasamuh (toleransi), musawah (egaliter), al-Unf (anti kekerasan atau kasih sayang), al-Aulawiyyah (mengutamakan perkara yang lebih unggul atau penting). Pendidikan Islam wasathiyyah dapat menangkal radikalisme, mempertahankan kesatuan NKRI, membumikan Islam rahmatan lil ‘alamiin. Implementasinya dapat pada Pendidikan berupa sajian materi, metode, prilaku pendidik yang moderat (wasathiyyah), atau pada kehidupan masyarakat dapat berupa tindakan saling menghargai perbedaan (toleransi), adil, berkeseimbangan dll.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130108 Technical, Further and Workplace Education (Pendidikan dan pelatihan)
13 EDUCATION (Pendidikan) > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: M. WAFIQ AL MALIKI
Date Deposited: 22 Aug 2024 07:46
Last Modified: 22 Aug 2024 07:46
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/14196

Actions (login required)

View Item View Item