Febrianti, Lina (2024) Strategi Pengelolaan Pembiayaan Unit Kewirausahaan Di SMKN 3 Kota Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
20205063_prabab.pdf Download (681kB) |
|
Text
20205063_bab1.pdf Download (295kB) |
|
Text
20205063_bab2.pdf Download (269kB) |
|
Text
20205063_bab3.pdf Download (123kB) |
|
Text
20205063_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (675kB) |
|
Text
20205063_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (218kB) |
|
Text
20205063_bab6.pdf Download (53kB) |
|
Text
20205063_daftar_pustaka.pdf Download (172kB) |
|
Text
20205063_Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (810kB) |
|
Text
Lembar Pernyataan Persetujuan Publikasi.pdf Download (113kB) |
Abstract
Kata Kunci: Strategi, Pembiayaan Pendidikan, Kewirausahaan Pembiayaan pendidikan merupakan komponen masukan instrumental yang diperlukan untuk menyiapkan sumber daya manusia yang berkualitas. Pembiayaan yang baik akan mendukung kegiatan pembelajaran yang kreatif, inovatif, aktif, efektif serta memberi peran penting terhadap kelengkapan fasilitas serta sarana prasarana pembelajaran. Kewirausahaan merupakan salah satu strategi SMKN 3 Kota Kediri untuk memanfaatkan dana pembiayaan secara kreatif, inovatif, dan menguntungkan, dengan memadukan konsep pembelajaran sekolah kejuruan yang berfokus pada kompetensi siswa dalam bidang keahlian dalam dunia kerja dan wirausaha. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi program pengelolaan pembiayaan unit kewirausahaan di SMKN 3 Kota Kediri. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Proses pengumpulan data dilakukan melalui obserbasi, wawancara, serta dokumentasi. Analisis data menggunakan cara reduksi data, penyajian data, dan verifikasi, serta diuji keabsahan data dengan perpanjangan pengamatan, ketekunan, dan triangulasi. Hasil dari penelitian ini adalah : (1) Perencanaan Pengelolaan Pembiayaan Unit Kewirausahaan di SMKN 3 Kota Kediri melalui tahap penyusunan RKAS, menggabungkan dana pemerintah seperti BOS dan BPOPP dengan kontribusi dari industri dan orang tua siswa, setelah itu mengalokasikan sumber daya secara efektif. (2) Pelaksanaan strategi unit kewirausahaan disesuaikan dengan kebutuhan dan sumber daya yang tersedia, dana yang diperoleh digunakan untuk membiayai berbagai aspek kegiatan kewirausahaan termasuk pembelian bahan baku, pembayaran gaji, dan investasi dalam peralatan, lalu profit yang dihasilkan dari kegiatan kewirausahaan diinvestasikan kembali ke dalam program atau digunakan untuk membiayai kebutuhan operasional lainnya, memastikan bahwa program tersebut mandiri dan dapat terus berkembang. (3) Evaluasi ini mencakup beberapa aspek krusial seperti sinkronisasi dana yakni memastikan kesesuaian pengeluaran dengan rencana yang telah disetujui, pengawasan kegiatan yakni mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan dalam implementasi kurikulum kewirausahaan, dan evaluasi jangka panjang yakni menilai keberhasilan program dalam mencapai tujuan pendidikan yang lebih luas.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development (Teori dan Pengembangan Kurikulum dan Pedagogi) 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130213 Vocational Education and Training Curriculum and Pedagogy (Kurikulum dan Pedagogi Pendidikan dan Pelatihan Kejuruan) 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation (Penilaian dan Evaluasi Pendidikan) 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130304 Educational Administration, Management and Leadership (Administrasi Pendidikan, Manajemen dan Kepemimpinan) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | LINA FEBRIANTI |
Date Deposited: | 21 Aug 2024 06:47 |
Last Modified: | 21 Aug 2024 06:47 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/14181 |
Actions (login required)
View Item |