Internalisasi Nilai-Nilai Asmaul Husna pada Pembelajaran Akidah Akhlak sebagai Upaya Membentuk Kepribadian Siswa di MAN 2 Nganjuk,

Rosyidah, Dewi Lathifatur (2019) Internalisasi Nilai-Nilai Asmaul Husna pada Pembelajaran Akidah Akhlak sebagai Upaya Membentuk Kepribadian Siswa di MAN 2 Nganjuk,. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932116015 Pra Bab.pdf

Download (1MB)
[img] Text
932116015 BAB I.pdf

Download (263kB)
[img] Text
932116015 BAB II.pdf

Download (686kB)
[img] Text
932116015 BAB III.pdf

Download (247kB)
[img] Text
932116015 BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (329kB)
[img] Text
932116015 BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (274kB)
[img] Text
932116015 BAB VI.pdf

Download (158kB)
[img] Text
932116015 Daftar Pustaka.pdf

Download (426kB)
[img] Text
932116015 Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (935kB)

Abstract

Di zaman modern ini pendidikan menjadi suatu kebutuhan pokok bagi manusia. Pendidikan berupaya mengarahkan peserta didik menjadi manusia yang utuh dan sesuai dengan fitrahnya. Namun kenyataannya, peserta didik belum sepenuhnya berkembang menjadi manusia yang utuh dan sesuai fitrahnya dan cenderung berperilaku yang tidak sesuai dengan nilai-nilai Agama. Untuk itu perlu adanya penanaman mengenai nilai-nilai Asmaul Husna, mengingat Asmaul Husna adalah sebaik-baik nama dan Allah merupakan puncak dari segala karakter. Berkenaan dengan konteks penelitian tersebut, fokus penelitian yang peneliti ajukan adalah bagaimana proses penyampaian, transaksi dan transinternalisasi nilai-nilai asmaul husna pada pembelajaran akidah akhlak di MAN 2 Nganjuk serta bagaimana kepribadian siswa setelah internalisasi nilai-nilai asmaul husna pada pembelajaran akidah akhlak di MAN 2 Nganjuk. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Data penelitian ini diperoleh melalui wawancara, observasi dan dokumentasi, selanjutnya data direduksi berdasarkan fokus penelitian, dilanjutkan dengan penyajian data dan penarikan kesimpulan. Dalam mengecek keabsahan data dalam penelitian ini, peneliti menggunakan teknik perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan dan triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa proses internalisasi nilai-nilai Asmaul Husna dilakukan dengan tahapan berikut:1) Proses penyampaian dilaksanakan dengan komunikasi dalam proses pembelajaran, serta dengan peraturan tata tertib sekolah, 2) Proses transaksi antara siswa dengan guru terjadi dengan saling memberikan respon, gurumenjadi teladan dalam berperilaku seharihari dan siswa juga antusias menirunya, 3) Pada proses transinternalisasi siswa dilatih untuk berkomitmen dan menyesuaikan sikapnya dengan nilai-nilai Asmaul Husna secara istiqomah serta perpaduan antara perilaku siswa dan guru telah membentuk budaya dalam lingkungan sekolah, 4) Secara keseluruhan kepribadian siswa di MAN 2 Nganjuk setelah internalisasi nilai-nilai Asmaul Husna sudah cukup baik dan terbentuk secara berkala, mulai dari siswa kelas sepuluh yang masih masa penyesuaian sampai dengan siswa kelas dua belas yang telah memiliki komitmen untuk senantiasa menampilkan perilaku yang sesuai dengan nilai-nilai yang terdapat dalam Asmaul Husna.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy (Kurikulum dan Pedagogi Agama)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Muh Hamim
Date Deposited: 06 Oct 2020 03:04
Last Modified: 06 Oct 2020 03:04
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/1415

Actions (login required)

View Item View Item