WULANDARI, RETNO (2024) Pengembangan Modul IPA Berbasis Socio Scientific Issue Dan Higher Order Thinking Skill Pada Materi Pencemaran Lingkungan Untuk Siswa Kelas Vii Mts Sunan Gunung Jati Kediri. Undergraduate (S1) thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI KEDIRI.
Text
20208020_prabab.pdf Download (1MB) |
|
Text
20208020_bab1.pdf Download (531kB) |
|
Text
20208020_bab2.pdf Download (516kB) |
|
Text
20208020_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (550kB) |
|
Text
20208020_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text
20208020_bab5.pdf Download (342kB) |
|
Text
20208020_daftarpustaka.pdf Download (778kB) |
|
Text
20208020_lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
20208020_lembarpernyataanpersetujuanpublikasi.pdf Download (196kB) |
Abstract
Retno Wulandari, Dosen Pembimbing Ratna Wahyu Wulandari, M.Pd, dan Agus Miftakus Surur, S.Si, M.Pd, Pengembangan Modul Ipa Berbasis Socio-Scientific Issue Dan Higher Order Thinking Skill Pada Materi Pencemaran Lingkungan Untuk Siswa Kelas Vii Mts Sunan Gunung Jati Kediri, Skripsi, Program Studi Tadris Ipa, Fakultas Tarbiyah, IAIN Kediri, 2024. Kata Kunci : Pengembangan Modul, IPA, Socio Scientific Issue (SSI), Higher Order Thinking Skill (HOTS), Pencemaran Lingkungan Pendidikan sangat penting bagi setiap individu. Dalam proses pendidikan tujuan utamanya tentu saja diharapkan untuk memperoleh hasil yang baik. Dimana dalam proses pembelajaran berlangsung harus saling berhubungan terkait adanya siswa dan guru. Adanya sarana prasarana yang memadai dan model pembelajaran dari guru yang menarik dapat membuat peserta didik belajar dengan baik. Dalam penelitian ini dilakukan dengan tujuan sebagai upaya untuk meningkatkan pemahaman siswa pada materi pembelajaran dan melatih kemampuan berpikir kritis siswa dengan menggunakan modul IPA berbasis SSI dan HOTS. Dengan menggunakan modul berbasis SSI, siswa bisa lebih memahami materi. Pada penelitian ini menggunakan metode 4D (Define, Design, Develop, Dissemination). Pada tahap Define, dilakukan analisis kebutuhan untuk mengidentifikasi masalah dan kebutuhan pembelajaran serta menentukan tujuan pengembangan modul. Tahap Design melibatkan perancangan modul dengan mengintegrasikan pendekatan Socio Scientific Issue (SSI) dan Higher Order Thinking Skill (HOTS), serta penyusunan kerangka isi dan strategi pembelajaran. Tahap Develop mencakup pembuatan draft modul, validasi oleh ahli, dan revisi berdasarkan masukan. Uji coba terbatas dilakukan untuk mendapatkan umpan balik awal mengenai efektivitas dan keterbacaan modul. Tahap Disseminate melibatkan implementasi modul di kelas yang lebih luas serta evaluasi akhir untuk menilai keberhasilan modul dalam meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa modul yang dikembangkan efektif dalam meningkatkan pemahaman siswa mengenai pencemaran lingkungan serta kemampuan berpikir kritis, analitis, dan kreatif mereka. Umpan balik dari guru dan siswa juga menunjukkan bahwa modul ini dapat diimplementasikan dengan baik dan diterima positif dalam proses pembelajaran. Dengan demikian, modul IPA berbasis Socio Scientific Issue (SSI) dan Higher Order Thinking Skill (HOTS), pada materi pencemaran lingkungan, dapat membantu siswa dalam menghadapi dan memahami isu-isu ilmiah yang relevan dengan kehidupan sosial mereka.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 03 CHEMICAL SCIENCES (Ilmu Kimia) > 0301 Analytical Chemistry (Kimia Analisis) > 030107 Sensor Technology (Chemical aspects) ; Teknologi Sensor (Aspek Kimia) 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education (Pendidikan menengah) 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Tadris IPA |
Depositing User: | RETNO WULANDARI |
Date Deposited: | 22 Aug 2024 03:22 |
Last Modified: | 22 Aug 2024 03:22 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/14145 |
Actions (login required)
View Item |