Manajemen Kesiswaan Dalam Menerapkan Budaya Sekolah Disantar (Disiplin, Santun, Dan Arif) Di SMP Negeri 2 Kediri

Khoiro, Dimas Agustin Mazroatul (2024) Manajemen Kesiswaan Dalam Menerapkan Budaya Sekolah Disantar (Disiplin, Santun, Dan Arif) Di SMP Negeri 2 Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
20205050_prabab.pdf

Download (547kB)
[img] Text
20205050_bab1.pdf

Download (453kB)
[img] Text
20205050_bab2.pdf

Download (470kB)
[img] Text
20205050_bab3.pdf

Download (433kB)
[img] Text
20205050_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
20205050_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (343kB)
[img] Text
20205050_bab6.pdf

Download (207kB)
[img] Text
20205050_daftarpustaka.pdf

Download (420kB)

Abstract

Dalam pendidikan, peserta didik merupakan unsur terpenting karena jika tidak ada peserta didik maka proses pembelajaran tidak mungkin dapat terlaksana. Untuk menciptakan peserta didik yang memumpuni sesuai dengan tatanan bangsa dan tujuan sekolah, maka sekolah perlu mengelola peserta didik dengan sebaik mungkin. Dalam hal ini, seluruh kegiatan yang memiliki sangkut paut dengan siswa harus dikelola dengan sebaik-baiknya dengan memperhatikan prosedur manajemen kesiswaan yang tepat. Dengan demikian, fokus dari penelitian ini ialah untuk mengetahui: 1) analisis kebutuhan siswa dalam menerapkan budaya sekolah disantar di SMP Negeri 2 Kediri, 2) rekrutmen dan seleksi siswa dalam menerapkan budaya sekolah disantar di SMP Negeri 2 Kediri, 3) orientasi dan penempatan siswa dalam menerapkan budaya sekolah disantar di SMP Negeri 2 Kediri, 4) pembinaan dan pengembangan siswa dalam menerapkan budaya sekolah disantar di SMP Negeri 2 Kediri, 5) pencatatan dan pelaporan siswa dalam menerapkan budaya sekolah disantar di SMP Negeri 2 Kediri, 6) kelulusan dan alumni dalam menerapkan budaya sekolah disantar di SMP Negeri 2 Kediri. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian study kasus. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Yang kemudian akan dilakukan pengecekan dengan triangulasi. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, maka penulis dapat menyimpulkan bahwa: 1) analisis kebutuhan siswa dilakukan dengan menetapkan jumlah guru BK dan guru mapel sebagai pengawas dan pembimbing program disantar, 2) rekrutmen dan seleksi siswa dilakukan dengan mencantumkan nilai disiplin dan arif pada syarat pendaftaran serta pada ketentuan seleksi. 3) orientasi dilakukan dengan mengenalkan program disantar pada siswa melalui kegiatan PLS. Sedangkan penempatan siswa dilakukan berdasarkan pemerataan, setelahnya baru dilatih untuk membiasakan sikap disiplin, santun, dan arif dikelas masing-masing. 4) pembinaan dan pengembangan siswa dalam penerapan disantar dilakukan dengan mengintegrasikan nilai-nilai disantar pada kegiatan pembelajaran, melakukan pembinaan sebelum KBM, dan melaksanakan kegiatan rutin di hari jumat. 5) pencatatan disantar siswa dilakukan pada buku PKS, presensi, jurnal guru, dan catatan BK. Sedangkan pelaporan siswa dilakukan dengan memberikan laporan perkembangan perilaku disantar siswa pada wali murid, 6) kelulusan dilakukan dengan menjadikan perilaku disantar sebagai salah satu kriteria kelulusan, sedangkan jalinan alumni masih terhubung hingga saat ini baik secara langsung maupun tidak langsung.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130304 Educational Administration, Management and Leadership (Administrasi Pendidikan, Manajemen dan Kepemimpinan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Dimas Agustin Mazrotul Khoiro
Date Deposited: 20 Aug 2024 03:16
Last Modified: 20 Aug 2024 03:16
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/14137

Actions (login required)

View Item View Item