RAHMADINI, AMALIA SYAFIRA (2023) Strategi Pembelajaran Guru Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Al- Qur’an Hadits Siswa Kelas V Di MIN 1 Kota Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
932121119_prabab.pdf Download (1MB) |
|
Text
932121119_bab1.pdf Download (761kB) |
|
Text
932121119_bab2.pdf Download (829kB) |
|
Text
932121119_bab3.pdf Download (469kB) |
|
Text
932121119_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text
932121119_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (562kB) |
|
Text
932121119_bab6.pdf Download (319kB) |
|
Text
932121119_daftarpustaka.pdf Download (322kB) |
|
Text
932121119_lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
932121119_lembarpernyataanpersetujuanpublikasi.pdf Download (188kB) |
Abstract
AMALIA SYAFIRA RAHMADINI, Dosen Pembimbing (I) Prof.Dr. H. Syamsul Huda, M.Ag dan Dosen Pembimbing (II) Agus Dwi Santoso, M.Pd.I, Strategi Pembelajaran Guru Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Al-Qur’an Hadits Siswa Kelas V di MIN 1 Kota Kediri, Skripsi, Program Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah, IAIN Kediri, 2023. Kata kunci: Strategi Pembelajaran, Hasil Belajar, Al-Quran Hadist. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya Fenomena kebutuhan dalam rangka meningkatkan hasil belajar siswa Kelas V di MIN 1 Kota Kediri Pasca pembelajaran daring yang disebabkan oleh wabah Covid-19, mempengaruhi pada kualitas belajar siswa. Karena siswa yang mulai terbiasa dengan pembelajaran yang berlangsung secara online dimana siswa belajar secara mandiri dan tidak sepenuhnya diawasi oleh guru sehingga tak jarang beberapa siswa konsentrasinya tidak tepusat, Dimana hal ini berpengaruh pada hasil belajar siswa. Adapun penelitian ini bertujuan untuk 1) Untuk mendeskripsikan strategi pembelajaran guru Al-Qur’an Hadist pada siswa kelas V di MIN 1 Kota Kediri, 2) Untuk mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat guru Al-Qur’an Hadits Hadist dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas V di MIN 1 Kota Kediri, 3) Untuk mendeskripsikan cara mengatasi hambatan strategi guru Al Qur’an Hadits dalam meningkatkan hasil belajar kelas V di MIN 1 Kota Kediri. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, yaitu dengan memperoleh sumber data dari guru yang menerapkan Strategi, dan siswa sebagai subjek sasaran, kemudian dilanjutkan dengan pengumpulan data dengan menggunakan metode berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun hasil penelitian pada penelitian ini yaitu 1) Dalam meningkatkan hasil belajar siswa Sebagai Berikut : Guru Al Qur’an Hadits menggunakan strategi berupa: Kegiatan keagamaan berupa pembiasaan, strategi kooperatif learning, strategi pembelajaran konstektual, Menggunakan metode ceramah, tanya jawab, pemberian soal dan hafalan. 2) Faktor pendukung dan penghambat guru Al Qur’an Hadits meliputi: Minat siswa dalam pembelajaran, Kesiapan dan penguasaan guru dalam menyampaikan materi, Semangat guru dalam mengajar. Sedangkan faktor penghambat antara lain Kurangnya minat siswa dalam pembelajaran, Kurangnya pemahaman siswa tentang agama, Alat peraga yang kurang mendukung, Kurangnya persiapan guru dalam pembelajaran. 3) Cara mengatasi hambatan meliputi: Membangun komunikasi yang baik dan berkala kepada siswa, Memberikan penguatan materi kepada siswa dengan tingkat pengetahuan dan pemahaman rendah, Memberikan motivasi kepada siswa, Membagi siswa dengan tingkat pengetahuan dan pemahaman yang tinggi dalam setiap kelompok belajar.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education (Pendidikan dasar) 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130214 Teaching Arabic as a Foreign Language (Ta'lim al-'Arabiyah Lighairi al-Nathiqin Biha) Curriculum and Pedagogy > 13021402 Taqwim al-Ta'lim (Teaching Evaluation) 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Amalia Syafira Rahmadini |
Date Deposited: | 23 Aug 2024 02:38 |
Last Modified: | 23 Aug 2024 02:38 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/14109 |
Actions (login required)
View Item |