Agustina, Vinda (2019) Implementasi Lima (5) Budaya Kerja Kementerian Agama Dalam Meningkatkan Kualitas Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 5 Jombang. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
932110715 - PRABAB.pdf Download (378kB) |
|
Text
932110715 - BAB I.pdf Download (325kB) |
|
Text
932110715 - BAB II.pdf Download (321kB) |
|
Text
932110715 - BAB III.pdf Download (222kB) |
|
Text
932110715 - BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (303kB) |
|
Text
932110715 - BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (282kB) |
|
Text
932110715 - BAB VI.pdf Download (88kB) |
|
Text
932110715 - DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (112kB) |
|
Text
932110715 - LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh sebuah fenomena bahwa budaya kerja dapat mencerminkan citra madrasah dan mempengaruhi produktivitas kerja. Penerapan budaya kerja yang baik akan mencerminkan citra yang bagus, sehingga dapat dikatakan lembaga tersebut berkualitas. Menyadari pentingnya peran budaya kerja, maka Menteri Agama mengeluarkan lima nilai budaya kerja yang wajib diimplementasikan oleh seluruh aparatur Kementerian Agama mulai dari pegawai sampai pada lembaga pendidikan yang dinaungi. Lima nilai budaya kerja tersebut meliputi, Integritas, Profesionalitas, Inovasi, Tanggung Jawab, dan Keteladanan. Fokus penelitian dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana budaya kerja di MTsN 5 Jombang?, 2) Bagaimana implementasi lima budaya kerja Kementerian Agama di MTsN 5 Jombang?, dan 3) Bagaimana dampak positif implementasi lima budaya kerja Kementerian Agama terhadap kualitas MTsN 5 Jombang?. Adapun tujuan penelitian ini yaitu: 1) Untuk mengetahui budaya kerja yang dimiliki MTsN 5 Jombang, 2) Untuk mengetahui implementasi lima budaya kerja Kementerian Agama di MTsN 5 Jombang, dan 3) Untuk mengetahui dampak positif implementasi lima budaya kerja Kementerian Agama terhadap kualitas MTsN 5 Jombang. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian yaitu studi kasus. Lokasi penelitian yang dipilih adalah MTsN 5 Jombang. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi terkait fokus penelitian. Analisis data yang digunakan adalah sebagaimana tahapan yang dijelaskan oleh Creswell yaitu, mengolah dan mempersiapkan data, memahami catatan secara keseluruhan, men-coding data, menerapkan proses coding, menyajikan kembali, dan menginterprestasi data. Pengecekan keabsahan data menggunakan triagulasi sumber dan ketekunan pengamatan. Hasil penelitian dan pembahasan dalam penelitian ini yaitu: 1) budaya kerja yang dimiliki MTsN 5 Jombang adalah Kedisiplinan, Keteladanan, Inovatif dan Kreatif, serta Tanggung Jawab dalam melaksanakan tugas. 2) Implementasi lima budaya kerja Kementerian Agama di MTsN 5 Jombang meliputi, Integritas, Profesionalitas, Inovasi, Tanggung Jawab, dan Keteladanan. 3) Dampak positif implementasi lima budaya kerja Kementerian Agama terhadap kualitas MTsN 5 Jombang meliputi, peningkatan prestasi yang diperoleh guru maupun peserta didik, inovasi dalam program madrasah, dan kelengkapan sarana-prasarana madrasah.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130108 Technical, Further and Workplace Education (Pendidikan dan pelatihan) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Muh Hamim |
Date Deposited: | 05 Oct 2020 06:06 |
Last Modified: | 05 Oct 2020 06:06 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/1410 |
Actions (login required)
View Item |