Efektivitas Metode Yanbu’a Dalam Meningkatkan Kualitas Membaca Al-Quran Santri di Pondok Pesantren Roudlotul Quran Al-Hikmah Purwoasri

RAHMAWATI, ELOK FEBRIANA (2017) Efektivitas Metode Yanbu’a Dalam Meningkatkan Kualitas Membaca Al-Quran Santri di Pondok Pesantren Roudlotul Quran Al-Hikmah Purwoasri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
1. HALAMAN JUDUL_12. DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
13. BAB I.pdf

Download (267kB)
[img] Text
14. BAB II.pdf

Download (391kB)
[img] Text
15. BAB III.pdf

Download (199kB)
[img] Text
16. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (535kB)
[img] Text
17. BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (243kB)
[img] Text
18. BAB VI.pdf

Download (115kB)
[img] Text
19. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (99kB)
[img] Text
20. PEDOMAN WAWANCARA_26. DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Di era perkembangan dan kemajuan dalam bidang pendidikan serta kesadaran masyarakat yang semakin tinggi untuk belajar membaca Al-Quran, maka diperlukan sebuah metode yang lebih praktis agar mudah dipelajari oleh siapapun. Dari situlah muncul metode baru yang telah dikembangkan oleh ulamaulama salah satunya adalah metode Yanbu’a, yang mana metode ini telah banyak digunakan di lembaga pendidikan khususnya pondok pesantren. Metode Yanbu’a merupakan salah satu sarana yang menjembatani seseorang untuk mencapai tujuan mulia yakni dapat membaca Al-Quran dengan baik dan benar sesuai dengan kaidah tajwid. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Kualitas membaca Al-Quran santri di Pondok Pesantren Roudlotul Quran. (2) Sejauh mana efektivitas metode Yanbu’a dalam meningkatkan kualitas membaca Al-Quran santri di Pondok Pesantren Roudlotul Quran. (3) Faktor yang mempengaruhi metode Yanbu’a dalam meningkatkan kualitas membaca Al-Quran santri di Pondok Pesantren Roudlotul Quran. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitiannya adalah studi kasus. Lokasi penelitian dilakukan di Pondok Pesantren Roudlotul Quran. Sedangkan metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Adapun langkah-langkah dalam analisis data ini meliputi reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Untuk teknik pengecekan keabsahan data yang digunakan diantaranya adalah perpanjangan pengamatan, triangulasi dan ketekunan pengamatan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Kualitas membaca Al-Quran santri di Pondok Pesantren Roudlotul Quran mayoritas sudah baik, hal ini ditunjukkan dengan tercapainya indikator yang digunakan untuk mengetahui kualitas membaca Al-Quran diantaranya adalah kelancaran dalam membaca AlQuran, penguasaan ilmu tajwid dan pengucapan makharijul huruf. (2) Efektivitas metode Yanbu’a dapat dilihat dari efisiensi waktu yang digunakan dan hasil yang dicapai oleh Pondok Pesantren Roudlotul Quran dengan menggunakan metode Yanbu’a. (3) Faktor yang mempengaruhi metode Yanbu’a dalam meningkatkan kualitas membaca Al-Quran santri diantaranya adalah tadarus Al-Quran, adanya alat peraga, pelatihan metode Yanbu’a, adanya materi penunjang metode Yanbu’a, menggunakan Quran Ustmany, dan metode Yanbu’a yang bersifat fleksibel.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Muhamad Hamim
Date Deposited: 07 Feb 2019 08:15
Last Modified: 07 Feb 2019 08:15
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/141

Actions (login required)

View Item View Item