Fadhila, A'yunis (2024) Implementasi Program Bahtsul Masa’il Dalam Meningkatkan Daya Berfikir Kritis Santri Pada Kajian Fikih Di Pondok Pesantren Hidayatul Mubtadi-Aat (P3HM) Lirboyo Kota Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
20201045_prabab.pdf Download (1MB) |
|
Text
20201045_bab1.pdf Download (585kB) |
|
Text
20201045_bab2.pdf Download (688kB) |
|
Text
20201045_bab3.pdf Download (463kB) |
|
Text
20201045_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text
20201045_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (549kB) |
|
Text
20201045_bab6.pdf Download (429kB) |
|
Text
20201045_daftar_pustaka.pdf Download (439kB) |
|
Text
Lembar Pernyataan Persetujuan Publikasi.pdf Download (280kB) |
Abstract
Pondok pesantren dituntut untuk harus terus berkembang menyesuaikan kebutuhan masyarakat. Oleh karena itu, harus diseimbangkan dengan adanya pemikiran kritis dari penerus bangsa khususnya para santri. Untuk menjawab permasalahan baru yang sering muncul di kehidupan seharih-ari tanpa adanya dalil yang jelas maka perlu adanya kajian fikih. Namun pada umumnya, dalam pembelajaran fikih pondok pesantren banyak yang menggunakan metode sorogan ataupun bandongan. Sedangkan, metode tersebut sulit untuk bisa membentuk kemampuan berfikir kritis santri. Perlu adanya metode yang bersifat interaktif dengan tujuan meningkatkan daya berfikir kritis santri dalam kajian fikih yaitu dengan adanya program Bahtsul Masa’il. Peneliti mengambil lokasi Pondok Pesantren Hidayatul Mubtadi-aan (P3HM) yang merupakan pondok salaf yang menerapkan program Bahtsul Masa’il. Untuk itu fokus penelitian ini adalah: (1) Membahas lebih dalam proses perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi program Bahtsul Masa’il (2) Mendeskripsikan kemampuan daya berfikir kritis santri melalui program Bahtsul Mas’ail. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis penelitian lapangan (field research) dengan mendeskripsikan fenomena yang ada yaitu implementasi program Bahtsul Masa’il dalam meningkatkan daya berfikir kritis santri. Dalam penelitian ini menggunakan teknik pengumpula data berupa wawancara, observasi dan dokumentsi. Sumber data dalam penelitian ini adalah santri kelas 2 Aliyah. Berdasarkan hasil penelitian dari peneliti ditemukan: (1) Tahap perencanaan program Bahtsul Masa’il: pembentukan kepengurusan dan peserta Bahtsul Masai’il, penentuan waktu dan lokasi, pembuatan materi dan soal dan pencarian jawaban. Pelaksanaan kegiatan Bahtsul Masa’il di Pondok Pesantren Putri Hidayatul Mubtadi-aat terdapat 3 termin, diantaranya yaitu: penyamaan murod, pendalaman lafad dan pertanyaan seputar materi. Evaluasi kegiatan Bahtsul Masa’il dengan adanya penilaian dari aspek ketepatan waktu, kehadiran anggota, tingkat antusias peserta, petugas kualitas pembahasan kemampuan peserta dalam menyampaikan pendapat dan sanggahan.(2) Kemampuan daya berfiki kritis santri pada kajian fikih melalui progran Bahtsul Masa’il di Pondok Pesantren Putri Hidayatul Mubtadi-aat (P3HM) diantaranya yaitu: kemampuan Interpretasi, menganalisis, mengevaluasi, menarik kesimpulan, penjelasan dan penguatan diri.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy (Kurikulum dan Pedagogi Agama) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | A`YUNIS FADHILA |
Date Deposited: | 21 Aug 2024 03:42 |
Last Modified: | 21 Aug 2024 03:42 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/14094 |
Actions (login required)
View Item |