Rusydiana, Itsna (2019) Upaya Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Pada Kelas Inklusi Di SMP Islam Al-Azhaar Kedungwaru-Tulungagung. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
932107815 - PRABAB.pdf Download (699kB) |
|
Text
932107815 - BAB 1.pdf Download (238kB) |
|
Text
932107815 - BAB 2.pdf Download (214kB) |
|
Text
932107815 - BAB 3.pdf Download (331kB) |
|
Text
932107815 - BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (197kB) |
|
Text
932107815 - BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (211kB) |
|
Text
932107815 - BAB 6.pdf Download (7kB) |
|
Text
932107815 - DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (161kB) |
|
Text
932107815 - LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
Kepala sekolah merupakan unsur terpenting dalam lembaga pendidikan, karena selain kepala sekolah memiliki peran sebagai seorang pemimpin ia juga memiliki peran sebagai koordinator dan manajer dalam pelaksanaan pendidikan di sekolah. Oleh sebabnya, perlu adanya upaya yang besar dari kepala sekolah agar lebaga yang dipimpinnya dapat maju dan berkembang. Tidak hanya kepala sekolah, tenaga pendidikan dan seperta didik pun juga turut berpengaruh dalam pelaksanaan pembelajaran dan pendidikan juga penentu berkembangtidaknya lembaga tersebut. Dengan adanya elemen yang saling bersinergi, maka tujuan bersama pun dapat tercapai. Adapun fokus penelitian ini adalah: 1) Tindakan apa saja yang dilakukan kepala sekolah SMP Islam Al-Azhaar Kedungwaru, Tulungangung untuk meningkatkan mutu pendidikan pada kelas inklusi? 2) Kendala apa saja yang dihadapi oleh kepala sekolah dalam meningkatkan mutu pendidikan di SMP Islam Al-Azhaar Kedungwaru, Tulungagung? 3) Bagaimana hasil dari peningkatan mutu pendidikan pada kelas inklusi yang dilakukan oleh kepala sekolah SMP Islam Al-Azhaar Kedungwaru, Tulungagung? Dalam penelitian ini penulis menggunakan pendekatan kualitatif dengan menggunakan tiga metode pengumpulan data, yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi. Sedangkan jenis penelitian ini adalah studi kasus, yang cara menganalisisnya melalui tiga jalur, yaitu reduksi data, penyajian dan penarikan kesimpulan. Sedangkan untuk pengecekkan keabsahan data menggunakan perpanjangan pengamatan, triangulasi dan ketekunan pengamatan. Hasil penelitian ini yaitu: 1) Tindakan yang dilakukan kepala sekolah SMP Islam Al-Azhaar untuk meningkatkan mutu pendidikan di kelas inklusi, mengikutsertakan guru baru dan guru-guru terpilih dalam kegiatan workshop dan pelatihan seputar pelaksanaan pendidikan inklusi, dan kepala sekolah melakukan sosialisasi secara langsung kepada wali siswa berkebutuhan tentang pelaksanaan pembelajaran, perkembangan anak serta tindakan apa yang perlu dilakukan oleh orang tua agar sang anak dapat berkembang dengan baik. 2) Kendala yang dihadapi oleh kepala sekolah dalam meningkatkan mutu pendidikan pada kelas inklusi di SMP Islam Al-Azhaar, orang tua yang kurang pro-aktif dengan perkembangan anak sehingga perkembangan anak menjadi terhambat dan kegiatan pembelajaran yang kurang kondusif seperti siswa yang rame, anak berkebutuhan menjadi kurang fokus serta adanya diskriminasi. 3) Hasil dari peningkatan mutu pendidikan pada kelas yang dilakukan oleh kepala sekolah SMP Islam Al-Azhaar, anak berkebutuhan mampu melakukan bina diri serta mampu berprestasi baik dibidang akademik maupun nonakademik.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development (Teori dan Pengembangan Kurikulum dan Pedagogi) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Muh Hamim |
Date Deposited: | 05 Oct 2020 05:46 |
Last Modified: | 05 Oct 2020 05:46 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/1409 |
Actions (login required)
View Item |