Umamy, Sonya Manaf (2024) Pengembangan E-Modul Berbasis Pembelajaran Berdiferensiasi Untuk Materi Menulis Teks Eksposisi Bertema Lingkungan Hidup Di SMAN 1 Pare. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
20207003_prabab.pdf Download (757kB) |
|
Text
20207003_bab1.pdf Download (165kB) |
|
Text
20207003_bab2.pdf Download (65kB) |
|
Text
20207003_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (112kB) |
|
Text
20207003_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text
20207003_bab5.pdf Download (36kB) |
|
Text
20207003_daftarpustaka.pdf Download (94kB) |
|
Text
20207003_lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
|
Text
20207003_LembarPernyataanPersetujuanPublikasi.pdf Download (244kB) |
Abstract
Menulis merupakan ketrampilan berbahasa kedua yang bersifat produktif. Pembelajaran berbasis teks yang dipadukan dengan aplikasi digital akan membuat pembelajaran lebih efisien. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan e-modul pembelajaran teks eksposisi bertema lingkungan hidup supaya meningkatkan minat belajar siswa dalam menulis sebuah teks eksposisi dan mendeskripsikan kelayakan media e-modul pembelajaran menulis teks eksposisi bertema lingkungan hidup.Penelitian ini menggunakan metode Penelitian dan pengembangan pendidikan atau sering disebut Research and Development (R&D) adalah proses yang digunakan untuk mengembangkan dan memvalidasi produk atau prosedur pendidikan. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi dan angket. Subjek penelitian pengembangan E-modul berbasis pembelajaran berdiferensiasi untuk materi menulis teks eksposisi bertema lingkungan hidup di SMA Negeri 1 Pare adalah peserta didik kelas X-P9 di SMA Negeri 1 Pare. Uji coba produk skala kecil sebanyak 5 siswa memiliki persentase 97,6% dan uji coba skala besar pada tanggal 21 mei 2024 memiliki persentase 89%.Produk penelitian ini divalidasi oleh tiga ahli yaitu ahli media, ahli bahasa, dan ahli materi. validasi media oleh Ibu Ayu Ridho Sarawati, M.Pd. yang dilakukan pada tanggal 14 Mei 2024. Validasi bahasa oleh ibu Anwariyah, M.Pd. dilakukan pada tanggal 17 Mei 2024. Sedangkan Validator materi oleh Ibu Aufa Rodliana Lailatul Hurroh, S.Pd. pada tanggal 21 Mei 2024. Hasil validasi dari aspek persentase kelayakan produk yang diperoleh dari ahli media sebesar 65% yang berarti media dalam kategori layak digunakan. Persentase kelayakan produk ahli bahasa memiliki persentase 89% yang berarti media sangat layak digunakan. dan persentase ahli materi memiliki persentase 87% yang berarti media sangat layak digunakan. Berdasarkan uji coba lapangan respon siswa juga lebih antusias untuk belajar teks eksposisi menggunakan e-modul tersebut.Kata kunci: E-modul Teks eksposisi, Pembelajaran Berdiferensiasi, Bertema lingkungan hidup
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130201 Creative Arts, Media and Communication Curriculum and Pedagogy (Kurikulum dan Pedagogi Seni Kreatif, Media dan Komunikasi) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Tadris Bahasa Indonesia |
Depositing User: | SONYA MANAF UMAMY |
Date Deposited: | 15 Aug 2024 03:08 |
Last Modified: | 15 Aug 2024 03:08 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/14080 |
Actions (login required)
View Item |