Darojah, Siti Norofiut (2019) Peranan Guru Pai Dalam Meningkatkan Kemampuan Baca Tulis Al-Qur’an Siswa Dj Smp Negeri 3 Kota Kediri Tahun Pembelajaran 2018-2019. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
932106715 - PRA BAB.pdf Download (829kB) |
|
Text
932106715 - BAB 1.pdf Download (141kB) |
|
Text
932106715 - BAB 2.pdf Download (236kB) |
|
Text
932106715 - BAB 3.pdf Download (181kB) |
|
Text
932106715 - BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (185kB) |
|
Text
932106715 - BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (133kB) |
|
Text
932106715 - BAB 6.pdf Download (66kB) |
|
Text
932106715 - DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (195kB) |
|
Text
932106715 - LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
Judul ini diambil dan diteliti karena dilatarbelakangi maraknya remaja sekarang yang memiliki kemampuan membaca Al-Qur’an dengan baik. Sebenarnya para siswa ini sudah mempunyai kemampuan dasar dalam membaca Al-Qur’an yakni, mereka sudah dapat mengenali huruf-huruf yang ada dalam Al-Qur’an. Tapi untuk pengembangan kemampuan mereka inilah yang menjadi masalah. Semakin mereka tumbuh dewasa bukan semakin giat untuk membaca Al-Qur’an, tapi semakin mereka tumbuh besar semakin lupa dengan Al-Qur’an. Maka dari itu peranan guru disekolah ,khususnya guru BTQ sangat diperlukan untuk menumbuh kembangkan kembali kebiasaan untuk membaca Al-Qur’an pada siswa yang sempat hilang. Fokus penelitian ini adalah: 1) Bagaimana bentuk peranan guru PAI dalam meningkatkan baca tulis Al-Qur’an siswa di SMPN 3 Kediri? 2) Apa factor pendukung dan penghambat peranan guru PAI dalam meningkatkan kemampuan baca tulis Al-Qur’an siswa di SMPN 3 Kediri?. Tujuan dari penelitian ini adalah: untuk mengetahui bentuk peranan guru PAI dalam meningkatkan kemampuan baca tulis Al-Qur’an siswa di SMPN 3 Kediri. 2) untuk mengetahui factor pedukung dan factor penghambat peranan guru PAI dalam meningkatkan kemampuan baca tulis Al-Qur’an siswa di SMPN 3 Kediri. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif, karena peneliti bermaksud untuk mendiskripsikan peranan guru PAI dalam meningkatkan kemampuan bacatulis Al-Qur’an siswa, dengan lokasi penelitian di SMPN 3 Kediri. Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, pengaatan, wawancara dan dokumentasi. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa: 1) peranan guru PAI dalam meningkatkan Baca Tulis Al-Qur’an siswa antara lain: (a) mengikuti program BTQ karena kemauan sendiri, (b) memahai karakteristik pesertadidik, (c) penerapan metode pembelajaran yang efektif, (d) menciptakan suasana belajar yang nyaman, (e) mengadakan evaluasi, (f)membentuk minat-minat baru pada peserta didik melalui perhatian, (g) memberikan motivasi kepada peserta didik. 2) factor pedukung meliputi: (a) komunikasi guru dengan pesertadidik, (b) adanya kerjasama guru dengan orang tuasiswa. Sedangkan factor penghabatnya yaitu: (a) sarana prasarana kurang memadai, (b) terbatasnya alokasi waktu.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy (Kurikulum dan Pedagogi Agama) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Muh Hamim |
Date Deposited: | 05 Oct 2020 05:02 |
Last Modified: | 05 Oct 2020 05:02 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/1408 |
Actions (login required)
View Item |