Himawan, Muhammad Khisnun (2024) Pembentukan Karakter Religius Siswa Melalui Uswatun Hasanah Di MAN 2 Nganjuk. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
932116720_prabab.pdf Download (1MB) |
|
Text
932116720_bab1.pdf Download (609kB) |
|
Text
932116720_bab2.pdf Download (541kB) |
|
Text
932116720_bab3.pdf Download (339kB) |
|
Text
932116720_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text
932116720_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (468kB) |
|
Text
932116720_bab6.pdf Download (315kB) |
|
Text
932116720_daftarpustaka.pdf Download (425kB) |
|
Text
932116720_lembarpernyataanpersetujuanpublikasikti.pdf Download (165kB) |
Abstract
Karakter didefinisikan sebagai sebuah kebiasan yang membedakan satu individu dari yang lain. Di era globalisasi, pendidikan karakter sangat penting untuk mencegah peserta didik mudah terombang-ambing oleh sikap dan tindakan yang buruk. Untuk dapat berperilaku baik, seseorang membutuhkan pendidikan, pembiasaan, dan keteladanan. Guru bukan hanya menjadi seseorang yang menyampaikan ilmu, tetapi guru juga menjadi panutan serta menjadi suri tauladan yang baik atau Uswatun Hasanah bagi para siswa disekolah. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengetahui pembentukan karakter religius siswa melalui Uswatun Hasanah di MAN 2 Nganjuk. 2) Mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam pembentukan karakter religius siswa melalui Uswatun Hasanah di MAN 2 Nganjuk. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif. Sumber data diperoleh dari kepala sekolah, waka kurikulum, guru akidah akhlak, guru qur’an hadist dan siswa dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini yaitu dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Untuk menguji keabsahan data dilakukan dengan melakukan perpanjangan pengamatan, meningkatkan ketekunan, dan triangulasi.Hasil penelitian menunjukkan: 1) Pembentukan karakter religius siswa melalui Uswatun Hasanah di MAN 2 Nganjuk dilaksanakan melalui beberapa kegiatan yaitu: a) Diluar kelas, kegiatan diluar kelas antara lain adalah adanya program SKUA (Syarat Kecakapan Ubudiyah dan Akhlakul Karimah), kegiatan shalat dhuha dan istighasah berjamaah, dan kegiatan shalat dhuhur berjamaah. b) Didalam kelas, kegiatan pembentukan karakter yang dilakukan didalam kelas adalah adanya kegiatan membaca Al Qur’an dan shalawat setiap 15 menit sebelum pembelajaran dimulai, pembentukan karakter juga dilakukan dalam proses pembelajaran, yakni menerapkan sifat Wajib Nabi Muhammad yaitu shiddiq, amanah, tabligh, dan fathonah yang tercermin dalam kompetensi guru ketika mengajar yaitu kompetensi professional, tawadhu (Rendah hati), kewibawaan, dewasa, santun, sabar dan penuh kasih sayang. 2) Faktor pendukung dan penghambat implementasi konsep Uswatun Hasanah dalam membentuk karakter siswa di MAN 2 Nganjuk. Faktor pendukung dari implementasi konsep Uswatun Hasanah dalam membentuk karakter siswa di MAN 2 Nganjuk adalah adanya komitmen kepala sekolah dalam membentuk karakter siswa, adanya intergrasi antara kurikulum dan pembentukan karakter siswa, dan adanya kegiatan kegiatan di sekolah dalam rangka membentuk karakter siswa. Sedangkan faktor penghambatnya adalah karakteristik siswa yang berbeda, perbedaan regulasi antar guru dan siswa, dan pengaruh lingkungan.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education (Pendidikan menengah) 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | MUHAMMAD KHISNUN HIMAWAN |
Date Deposited: | 15 Aug 2024 07:47 |
Last Modified: | 15 Aug 2024 07:47 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/14073 |
Actions (login required)
View Item |