Putri, Fina Erliana (2024) Penerapan Manajemen Kurikulum Merdeka Belajar untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa pada Jurusan TKJ di SMK Al-Huda Kota Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
20205073_prabab.pdf Download (1MB) |
|
Text
20205073_bab1.pdf Download (1MB) |
|
Text
20205073_bab2.pdf Download (1MB) |
|
Text
20205073_bab3.pdf Download (1MB) |
|
Text
20205073_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text
20205073_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text
20205073_bab6.pdf Download (1MB) |
|
Text
20205073_daftar_pustaka.pdf Download (1MB) |
|
Text
20205073_suratpernyataan.pdf Download (132kB) |
Abstract
Penelitian ini untuk mengetahui penerapan manajemen kurikulum Merdeka belajar untuk meningkatkan minat belajar siswa pada jurusan TKJ di SMK Al-Huda Kota Kediri. Penerapan manajemen kurikulum Merdeka Belajar menjadi fokus utama dalam meningkatkan minat belajar siswa di jurusan Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ) di SMK Al-Huda Kota Kediri. Fokus penelitian ini dalah: (1) Perencanaan manajemen kurikulum Merdeka belajar pada siswa jurusan TKJ di SMK Al-Huda Kota Kediri, (2) Penerapan manajemen kurikulum merdeka belajar pada siswa jurusan TKJ di SMK Al-Huda Kota Kediri, (3) Evaluasi penerapan manajemen kurikulum Merdeka belajar terhadap minat belajar siswa jurusan TKJ di SMK Al-Huda Kota Kediri. Pendekatan ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan jenis wawancara terpusat, yaitu dengan memperoleh sumber data di SMK Al-Huda Kota Kediri dengan kepala madrasah, waka kurikulum, guru-guru, dan siswa. Teknik pengumpulan menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Pengecekan keabsahan data penelitian berdasarkan, perpanjangan pengamatan, meningkatkan ketekunan, dan melakukan trianggulasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian yang dilakukan adalah (1) Proses perencanaan dan manajemen kurikulum Merdeka Belajar di SMK Al-Huda Kota Kediri melibatkan kolaborasi antara berbagai pihak dalam sekolah. (2) Penerapan Kurikulum Merdeka di SMK Al-Huda Kota Kediri didukung oleh kesiapan guru melalui pembinaan terstruktur dan dukungan ahli eksternal. Pembelajaran Berbasis Proyek memungkinkan guru menyesuaikan metode pengajaran dengan kebutuhan siswa, mendorong keterlibatan aktif dan kolaborasi melalui sistem tutor sebaya. Kerjasama dengan industri memberikan pengalaman dan keterampilan relevan, sementara pendekatan pembelajaran beragam memperkaya pengalaman belajar, menunjukkan keberhasilan Kurikulum Merdeka dalam mendukung perkembangan holistik siswa. (3) Proses evaluasi dalam implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di SMK Al-Huda Kota Kediri menunjukkan bahwa evaluasi merupakan proses yang berkelanjutan dan integral untuk memastikan efektivitas dan kesesuaian program pendidikan dengan kebutuhan peserta didik.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development (Teori dan Pengembangan Kurikulum dan Pedagogi) 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130213 Vocational Education and Training Curriculum and Pedagogy (Kurikulum dan Pedagogi Pendidikan dan Pelatihan Kejuruan) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | FINA ERLIANA PUTRI |
Date Deposited: | 13 Aug 2024 06:28 |
Last Modified: | 13 Aug 2024 06:28 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/14068 |
Actions (login required)
View Item |