Penerapan Manajemen Kurikulum Merdeka Belajar untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa pada Jurusan TKJ di SMK Al-Huda Kota Kediri

Putri, Fina Erliana (2024) Penerapan Manajemen Kurikulum Merdeka Belajar untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa pada Jurusan TKJ di SMK Al-Huda Kota Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
20205073_prabab.pdf

Download (1MB)
[img] Text
20205073_bab1.pdf

Download (1MB)
[img] Text
20205073_bab2.pdf

Download (1MB)
[img] Text
20205073_bab3.pdf

Download (1MB)
[img] Text
20205073_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
20205073_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
20205073_bab6.pdf

Download (1MB)
[img] Text
20205073_daftar_pustaka.pdf

Download (1MB)
[img] Text
20205073_suratpernyataan.pdf

Download (132kB)

Abstract

Penelitian ini untuk mengetahui penerapan manajemen kurikulum Merdeka belajar untuk meningkatkan minat belajar siswa pada jurusan TKJ di SMK Al-Huda Kota Kediri. Penerapan manajemen kurikulum Merdeka Belajar menjadi fokus utama dalam meningkatkan minat belajar siswa di jurusan Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ) di SMK Al-Huda Kota Kediri. Fokus penelitian ini dalah: (1) Perencanaan manajemen kurikulum Merdeka belajar pada siswa jurusan TKJ di SMK Al-Huda Kota Kediri, (2) Penerapan manajemen kurikulum merdeka belajar pada siswa jurusan TKJ di SMK Al-Huda Kota Kediri, (3) Evaluasi penerapan manajemen kurikulum Merdeka belajar terhadap minat belajar siswa jurusan TKJ di SMK Al-Huda Kota Kediri. Pendekatan ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan jenis wawancara terpusat, yaitu dengan memperoleh sumber data di SMK Al-Huda Kota Kediri dengan kepala madrasah, waka kurikulum, guru-guru, dan siswa. Teknik pengumpulan menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Pengecekan keabsahan data penelitian berdasarkan, perpanjangan pengamatan, meningkatkan ketekunan, dan melakukan trianggulasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian yang dilakukan adalah (1) Proses perencanaan dan manajemen kurikulum Merdeka Belajar di SMK Al-Huda Kota Kediri melibatkan kolaborasi antara berbagai pihak dalam sekolah. (2) Penerapan Kurikulum Merdeka di SMK Al-Huda Kota Kediri didukung oleh kesiapan guru melalui pembinaan terstruktur dan dukungan ahli eksternal. Pembelajaran Berbasis Proyek memungkinkan guru menyesuaikan metode pengajaran dengan kebutuhan siswa, mendorong keterlibatan aktif dan kolaborasi melalui sistem tutor sebaya. Kerjasama dengan industri memberikan pengalaman dan keterampilan relevan, sementara pendekatan pembelajaran beragam memperkaya pengalaman belajar, menunjukkan keberhasilan Kurikulum Merdeka dalam mendukung perkembangan holistik siswa. (3) Proses evaluasi dalam implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di SMK Al-Huda Kota Kediri menunjukkan bahwa evaluasi merupakan proses yang berkelanjutan dan integral untuk memastikan efektivitas dan kesesuaian program pendidikan dengan kebutuhan peserta didik.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development (Teori dan Pengembangan Kurikulum dan Pedagogi)
13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130213 Vocational Education and Training Curriculum and Pedagogy (Kurikulum dan Pedagogi Pendidikan dan Pelatihan Kejuruan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: FINA ERLIANA PUTRI
Date Deposited: 13 Aug 2024 06:28
Last Modified: 13 Aug 2024 06:28
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/14068

Actions (login required)

View Item View Item