Implementasi Kurikulum Merdeka Dalam Penerapan Pendidikan Karakter Pada Siswa Di SDN Burengan 2

Rejeki, Putri Maharani Dewi Sinta Syoraya (2024) Implementasi Kurikulum Merdeka Dalam Penerapan Pendidikan Karakter Pada Siswa Di SDN Burengan 2. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932403620_PRABAB.pdf

Download (1MB)
[img] Text
932403620_BAB1.pdf

Download (343kB)
[img] Text
932403620_BAB2.pdf

Download (460kB)
[img] Text
932403620_BAB3.pdf

Download (354kB)
[img] Text
932403620_BAB4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
932403620_BAB5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (278kB)
[img] Text
932403620_BAB6.pdf

Download (199kB)
[img] Text
932403620_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (249kB)
[img] Text
20205036_Lembar Persetujuan Publikasi.pdf

Download (109kB)

Abstract

Sekolah dasar dalam penyesuaian kurikulum merdeka belajar ini berdampak pada pendidikan karakter bangsa. Pendidikan karakter sangat penting untuk perkembangan mental peserta didik baik lahir dan batin. Tujuan dari penelitian ini adalah : 1) Untuk mengetahui perencanaan implementasi kurikulum merdeka terhadap pendidikan karakter, 2) Untuk mengetahui pengorganisasian implementasi kurikulum merdeka terhadap pendidikan karakter, 3) Untuk mengetahui pelaksanaan implementasi kurikulum merdeka terhadap pendidikan karakter, 4) Untuk mengetahui evaluasi implementasi kurikulum merdeka terhadap pendidikan karakter. Pendekatan ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan menggunakan jenis penelitian deskriptif. Teknik untuk pengumpulan data yang dilakukan adalah dengan cara wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data dengan tahap reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sedangkan untuk teknik pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : 1) Perencanaan implementasi kurikulum merdeka melakukan perencanaan di awal tahun ajaran serta melibatkan seluruh stake holder. 2) Pengorganisasian terbentuk sesuai dengan skil dan pengetahuan serta terdapat beberapa fase A kelas 1 dan 2, fase B kelas 3 dan 4, serta fase C kelas 5 dan 6. 3) Pelaksanaan di SDN Burengan 2 mengadakaan pembiasaan serta program baik bulanan maupun tahunan. Serta dalam pelaksanaan P5 wajib melakukan 2 tema setiap tahunnya serta menggunakan sistem blok. 4) Evaluasi implementasi kurikulum merdeka diadakan setiap satu bulan sekali serta penelitian dapat dilihat dari assesmen

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education (Pendidikan dasar)
13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development (Teori dan Pengembangan Kurikulum dan Pedagogi)
13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation (Penilaian dan Evaluasi Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: PUTRI MAHARANI DEWI SINTA SYORAYA REJEKI
Date Deposited: 13 Aug 2024 04:00
Last Modified: 13 Aug 2024 04:00
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/14061

Actions (login required)

View Item View Item