Strategi Manajemen Humas dalam Menyiapkan Lulusan di Dunia Usaha dan Industri SMKN 1 Kota Kediri

Hidayati, Rizma Ainul (2024) Strategi Manajemen Humas dalam Menyiapkan Lulusan di Dunia Usaha dan Industri SMKN 1 Kota Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
20205045 - Prabab.pdf

Download (1MB)
[img] Text
20205045 - Bab 1.pdf

Download (407kB)
[img] Text
20205045 - Bab 2.pdf

Download (466kB)
[img] Text
20205045 - Bab 3.pdf

Download (203kB)
[img] Text
20205045 - Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
20205045 - Bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (316kB)
[img] Text
20205045 - Bab 6.pdf

Download (42kB)
[img] Text
20205045 - Daftar pustaka.pdf

Download (1MB)
[img] Text
20205045_Lembar Persetujuan Publikasi.pdf

Download (116kB)

Abstract

Sekolah Menengah Kejuruan merupakan sekolah menengah dimana tujuan akhirnya setelah lulus adalah untuk bekerja. Untuk memudahkan lulusannya terserap dunia kerja, di SMKN 1 Kota Kediri setiap tahunnya mengadakan kegiatan job fair. Kegiatan ini merupakan salah satu usaha yang dilakukan humas dalam menyiapkan lulusannya di dunia usaha dan industri. Maka dari itu, peranan humas sangat diperlukan karena dengan peran humas yang baik maka Sekolah Menengah Kejuruan akan banyak dikenal oleh pihak industri dan dunia usaha sebagai partner dalam pengembangan kompetensi keahliannya. Tujuan dari penelitian ini adalah :1) Untuk mengetahui perencanaan strategi manajemen humas dalam menyiapkan lulusan di dunia usaha dan industri, 2) Untuk mengetahui pengorganisasian strategi manajemen humas dalam menyiapkan lulusan di dunia usaha dan industri, 3) Untuk mengetahui pelaksanaan strategi manajemen humas dalam menyiapkan lulusan di dunia usaha dan industri, 4) Untuk mengetahui evaluasi strategi manajemen humas dalam menyiapkan lulusan di dunia usaha dan industri. Penelitian ini bertujuan untuk menemukan kondisi dan fenoma yang ada di lapangan mengenai strategi manajemen humas dalam menyiapkan lulusan di dunia usaha dan industri di SMKN 1 Kota Kediri sehingga penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan menggunakan jenis penelitian deskriptif. Penelitian ini dilakukan di SMKN 1 Kota Kediri. Informan penelitian ini adalah Waka Humas, Koordinator PKL, Koordinator BKK, dan siswa SMKN 1 Kota Kediri. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan untuk teknik pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : 1) Perencanaan strategi manajemen humas dalam menyiapkan lulusan di dunia usaha dan dunia industri diawali dengan mengadakan rapat yang dihadiri oleh anggota humas dan masing-masing kepala jurusan. Pada rapat ini mengkaji ulang perencanaan humas yang telah dilakukan sebelumnya dan membuat program kerja tahunan. 2) Pengorganisasian humas dapat dilihat dari struktur organisasi humas yang terdiri dari Waka Humas, Koordinator PKL, Koordinator BKK, dan staf administrasi. Setiap bagian humas memiliki peran dan tanggung jawab masingmasing. 3) Pelaksanaan strategi humas dimulai dari meloby industri dan melakukan link and match serta sinkronisasi dengan industri yang berguna untuk mendapatkan tempat PKL dan kebutuhan perekrutan. Untuk menyiapkan siswa di dunia kerja siswa dibekali dengan keterampilan dan juga materi kewirausahaan. Selain itu SMKN 1 Kota Kediri setiap tahunnya mengadakan event job fair dan mendatangkan guru tamu untuk memberikan bimbingan karir untuk siswa. 4) Evaluasi humas dilakukan dengan melihat dari hasil pelaksanaan startegi sebelumnya dan melihat tingkat kepuasan pelanggan dari hasil survey pelanggan.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education (Pendidikan menengah)
13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130304 Educational Administration, Management and Leadership (Administrasi Pendidikan, Manajemen dan Kepemimpinan)
Depositing User: Rizma Ainul Hidayati
Date Deposited: 12 Aug 2024 06:54
Last Modified: 12 Aug 2024 06:54
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/14046

Actions (login required)

View Item View Item