Sugianto, Diny Aprilia (2024) Implementasi Metode Pembelajaran Habituasi Dalam Meningkatkan Hafalan Al-Qur'an Pada Santri Pondok Pesantren Hamalatul Qur'an Putri 3 Kecamatan Plemahan Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
20201009_prabab.pdf Download (1MB) |
|
Text
20201009_bab1.pdf Download (565kB) |
|
Text
20201009_bab2.pdf Download (335kB) |
|
Text
20201009_bab3.pdf Download (130kB) |
|
Text
20201009_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (735kB) |
|
Text
20201009_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (271kB) |
|
Text
20201009_bab6.pdf Download (109kB) |
|
Text
20201009_daftarpustaka.pdf Download (249kB) |
|
Text
20201009_Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (901kB) |
|
Text
20201009_Lembar Pernyataan Persetujuan Publikasi.pdf Download (128kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menggali informasi mengenai perencanaa, pelaksanaan, evaluasi, faktor pendukung dan penghambat, implikasi Implementasi metode pembelajaran habituasi dalam meningkatkan hafalan al-Qur’an pada santri Pondok Pesantren Hamalatul Qur’an Putri 3 Kecamatan Plemahan Kediri. Metode habituasi di Hamalatul Qur’an putri 3 yang biasanya dikalangan masyarakat dikenal dengan HQ 3 merupakan pembiasaan yang habituasinya berinteraksi langsung dengan al-Qur’an dari bangun tidur sampai tidur lagi secara berputar bersambung dan terus- menerus melalui kegiatan yang di tetapkan dengan jadwal harian yang konsisten, strategi serta pendampingan yang khusus. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan prosedur penelitian yang menghasilkan data-data deskriptif dan jenis penelitianya field research yang mana peneliti ikut serta dalam kegiatan di lapangan secara langsung terjun ke lokasi. Pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dokumentasi. Subjek peneliti adalah santri yang terlibat dalam program kegiatan di HQ 3. Hasil penelitian menunjukan bahwa 1) Perencanaan yang dilakukan dalam meningkatkan hafalan al-Qur’an pada santri Hamalatul Qur’an putri 3, yaitu perencanaan yang telah di tetapkan oleh sistem HQ pusat yang tempatnya di jogoroto jombang dan perencanaan yang dilakukan oleh ustadzah dan ustadz pembimbing. 2) Pelaksanaan metode pembelajaran habituasi dalam meningkatkan hafalan santri ada 2 pelaksanaan, yakni pelaksanaan berupa kegiatan sehari-hari dan menggunkan tahapan saat fashohah mulai dari tahapan awal, inti, dan akhir. 3) Evaluasi di HQ 3 berupa memberian motivasi dan teguran langsung setelah kegiatan selesai seperti fashohah dan terkadang menegur langsung dengan memanggil namanya di sound umum pondok untuk dimintai keterangan. 4) Faktor pendukung yakni, niat, terbentuknya lingkungan habitat mengaji, muroqobah 4 kali sehari, tempat atau lokasi yang jauh dari kermaian, sering mendatangkan motivator dari HQ dauroh yang bertempatang di kampung inggris. Faktor penghambat yakni, bekal ilmu tajwid yang kurang, malas atau mengantuk yang serimg terjadi, belum bisa mengontrol diri sendiri seperti, perasaan badmood, pikiran tentang pertemanan. 5) Implikasi (dampak) implementasi metode pembelajaran habituasi dalam meningkatkan hafalan santri HQ 3 yaitu, mempercepat hafalan santri, memperkuat ingatan dalam waktu yang lama, membentuk kebiasaan yang positif, tidak perlu memaksakan diri dalam menghafal.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130214 Teaching Arabic as a Foreign Language (Ta'lim al-'Arabiyah Lighairi al-Nathiqin Biha) Curriculum and Pedagogy > 13021402 Taqwim al-Ta'lim (Teaching Evaluation) 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | DINY APRILIA SUGIANTO |
Date Deposited: | 12 Aug 2024 04:12 |
Last Modified: | 12 Aug 2024 04:12 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/14031 |
Actions (login required)
View Item |