BADRIYAH, SITI (2018) PENGEMBANGAN BUDAYA TOLERANSI BERAGAMA MELALUI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMPN 2 NGANCAR KAB KEDIRI. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
932144514_PRA BAB.pdf Download (562kB) |
|
Text
932144514_BAB I.pdf Download (348kB) |
|
Text
932144514_BAB II.pdf Download (546kB) |
|
Text
932144514_BAB III.pdf Download (340kB) |
|
Text
932144514_BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (332kB) |
|
Text
932144514_BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (320kB) |
|
Text
932144514_BAB VI.pdf Download (131kB) |
|
Text
932144514_LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (788kB) |
Abstract
Kata kunci: toleransi beragama Toleransi merupakan elemen penting dalam sebuah pendidikan. Melihat banyak perbedaan yang ada mulai dari suku, ras, agama dll. Agar tidak menjadi suatu konflik maka dari i tu perlunya penanaman sikap toleransi beragama yaitu sikap saling menghormati dan menghargai satu sama lain.Agar dalam proses belaja rmengajar berjalan menjadi maksimal. Untuk itu peneliti tertarik untuk mendalami tentang budaya toleransi beragama di sekolah dengan rumusan masalah sebagai berikut: 1) Bagaimana pendidikan toleransi di SMP N 2 NGANCAR. 2) Bagaimana penanaman sikap toleransi beragama dalam pendidikan agama islam di SMP N 2 NGANCAR, 3) Bagaimana pentingnya penanaman sikap toleransi sejak dini. Dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif jenis data dalam penelitian ini terbagi menjadi dua macam, yaitu: data tertulis dan data tidak tertulis, keseluruhan data tersebut diperoleh melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Adapun proses analisis data meliputi: kegiatan mengumpulkan data, memeriksa kembali data dan merumuskan hasil kesimpulan. Tahap akhir yang dilakukan adalah pengecekan keabsahan data dengan menggunakan ketekunan pengamatan, trianggulasi. Hasil penelitian ini yaitu pendidikan toleransi yang dilakukan oleh guru mata pelajaran PAI yaitu dengan melalui penjelasan dan pemahaman mengenai keberagaman agama. Dan budaya toleransi yang telah dilakukan siswa yaitu sikap gotong-royong, sikap empati takziah ketika salah satu orang tua siswa meninggal, siswa non muslim membantu pelakasanaan PHBI, kegiatan lain disekolah dan juga ikut ber infak tanpa ada paksaan. Mengenai pendidikan agama bagi non muslim sekolah memberi fasilitas guru mata pelajaran agama masing-masing sesuai keyakinan. Dalam proses sosialisasi siswa non muslim tidak mengalami diskriminasi dalam pergaulan semua saling menghargai.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy (Kurikulum dan Pedagogi Agama) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Yudi Sumarsono |
Date Deposited: | 01 Oct 2020 04:26 |
Last Modified: | 01 Oct 2020 04:26 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/1403 |
Actions (login required)
View Item |