Pengelolaan Program Kelas Excellent Dalam Meningkatkan Kualitas Lulusan Di SMA Negeri 3 Kota Kediri

Jannah, Miftahul (2024) Pengelolaan Program Kelas Excellent Dalam Meningkatkan Kualitas Lulusan Di SMA Negeri 3 Kota Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
20205068_prabab.pdf

Download (1MB)
[img] Text
20205068_bab1.pdf

Download (704kB)
[img] Text
20205068_bab2.pdf

Download (486kB)
[img] Text
20205068_bab3.pdf

Download (343kB)
[img] Text
20205068_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
20205068_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (246kB)
[img] Text
20205068_bab6.pdf

Download (202kB)
[img] Text
20205068_daftarpustaka.pdf

Download (430kB)
[img] Text
Lembar Pernyataan Persetujuan Publikasi Miftahul Jannah.pdf

Download (219kB)

Abstract

MIFTAHUL JANNAH, Dosen Pembimbing Dr. Untung Khoiruddin, M.Pd.I dan Puspoko Ponco Ratno, M.T, Pengelolaan Program Kelas Excellent dalam Meningkatkan Kualitas Lulusan di SMA Negeri 3 Kota Kediri. Skripsi, Program Studi Manajemen Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah, IAIN Kediri, 2024. Kata Kunci: Pengelolaan, Program Kelas Excellent , Kualitas Lulusan Keanekaragaman potensi yang dimiliki peserta didik membutuhkan pembinaan dan pelayanan pendidikan yang berbeda dan tidak dapat diberikan perlakuan yang sama. Pendidikan yang disajikan di lembaga pendidikan formal memang sesuai bagi peserta didik yang normal pada umumnya, akan tetapi terhadap peserta didik yang unggul perlu diberikan pelayanan pendidikan yang unggul juga. Berdasarkan hal tersebut, penyelenggaraan program kelas excellent merupakan salah satu strategi lembaga pendidikan dalam rangka meningkatkan potensi yang dimiliki peserta didik seperti pada SMA Negeri 3 Kota Kediri. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui tahapan pengelolaan kelas excellent SMA Negeri 3 Kota Kediri dalam meningkatkan kualitas lulusan, (2) Mengetahui capaian kompetensi lulusan program kelas _excellent_ SMA Negeri 3 Kota Kediri dalam meningkatkan kualitas lulusan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian studi kasus. Proses pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dengan cara kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan, serta diuji keabsahannya dengan perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan, dan triangulasi. Hasil penelitian ini adalah: (1) Tahapan pengelolaan program kelas excellent SMA Negeri 3 Kota Kediri dalam meningkatkan kualitas lulusan yaitu melakukan perencanaan melakukan perencanaan dengan melakukan rapat yang membahas mengenai kegiatan yang akan dilakukan dan pengerahan sumber daya, membentuk struktur organisasi pengelola program kelas _excellent_ , melaksanakan pembelajaran dengan mengoptimalkan kurikulum yang diberlakukan, metode, sarana, lingkungan belajar, dan penambahan jam belajar, serta mengadakan evaluasi terhadap hasil pembelajaran dan hasil lulusan. (2) Capaian kompetensi lulusan pada program kelas excellent SMA Negeri 3 Kota Kediri diantaranya meliputi capaian akademik berupa nilai raport, nilai kelulusan, dan prestasi, capaian nilai ketaqawaan berupa rajin beribadah dan memiliki kesopanan terhadap orang lain, capaian keterampilan berupa kemampuan memimpin, penguasaan teknologi, dan berbahasa Inggris aktif, dan capaian lulusan yang diterima di perguruan tinggi.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130304 Educational Administration, Management and Leadership (Administrasi Pendidikan, Manajemen dan Kepemimpinan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Miftahul Jannah
Date Deposited: 12 Aug 2024 06:38
Last Modified: 12 Aug 2024 06:38
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/14014

Actions (login required)

View Item View Item