Peran Musyrifah Dalam Penanaman Akhlaq Al-Karimah Mahasantri Di Pusat Ma’had Al-Jami’ah Darul Hikmah IAIN Kediri

Aminah, Ila Waladatun (2024) Peran Musyrifah Dalam Penanaman Akhlaq Al-Karimah Mahasantri Di Pusat Ma’had Al-Jami’ah Darul Hikmah IAIN Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
20201052_prabab.pdf

Download (1MB)
[img] Text
20201052_bab1.pdf

Download (834kB)
[img] Text
20201052_bab2.pdf

Download (876kB)
[img] Text
20201052_bab3.pdf

Download (590kB)
[img] Text
20201052_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
20201052_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (673kB)
[img] Text
20201052_bab6.pdf

Download (549kB)
[img] Text
20201052_daftarpustaka.pdf

Download (568kB)
[img] Text
20201052_lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
20201052_Pernyataan Persetujuan Publikasi (1) salinan.pdf

Download (115kB)

Abstract

Abstrak Aminah, Ila Waladatun, Dosen Pembimbing Prof. Dr. Hj. Munifah M. Pd Dan Dr. Najihatul Fadhliyah. S.H.I.,M.Pd.I, Peran Musyrifah Dalam Penanaman Akhlaq Al-Karimah Mahasantri Di Pusat Ma’had Al-Jami’ah Darul Hikmah IAIN Kediri. Skripsi, Program Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah, IAIN Kediri, 2024. Kata Kunci : Peran, Musyrifah, Penanaman Akhlaq Al-Karimah Ma’had merupakan salah satu lembaga pendidikan Islam yang memiliki peran penting dalam pembentukan karakter dan akhlaq al karimah mahasantri. Dalam konteks ini, musyrifah sebagai struktur organisasi sangat dekat dengan mahasantri memiliki tanggung jawab yang besar dalam menanamkan akhlaq al-karimah pada mahasantri. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah 1) untuk mengetahui bagaimana peran musyrifah sebagai pembimbing dalan penanaman akhlaq al karimah, 2) untuk mengetahui bagaimana peran musyrifah sebagai motivator dalam penanaman akhlaq al karimah, 3) dan untuk mengetahui nilai-nilai akhlaq al karimah yang di tanamkan musyrifah. Metode penelitian dalam skripsi ini menggunakan metode kualitatif, sedangkan jenis penelitian studi kasus, serta dalam pengambilan data-datanya menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan tiga tahap yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Tahap terakhir adalah pengecekan keabsahan data dengan menggunakan perpanjangan pengamatan dan trianggulasi data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) peran musyrifah sebagai pembimbing dalam penanaman akhlaq al-karimah adalah dengan menggunakan metode pembiasaan, metode teladan, metode nasihat, dan metode kisah. Selain itu musyrifah juga memberikan program bimbingan kepada mahasantri yaitu bimbingan membaca al-Quran, bimbingan praktik ibadah, bimbingan psikologi, bimbingan etika dan moral serta bimbingandi bidang kepemimpinan. 2) Peran musyrifah sebagai motivator adalah dengam memberikan arahan dan petunjuk dalam mengembangkan potensi diri mahasantri, musyrifah sebagai motivator memberikan semangat dan motivasi kepada mahasantri, Melalui dukungan dari musyrifah, mahasantri merasa didukung untuk memberikan yang terbaik dalam berbagai kegiatan.musyrifah sebagai motivator juga memberikan reaward dan hukuman agar santri Terus berkembang menjadi pribadi yang lebih baik lagi. 3) Mahasantri telah mengimplementasikan nilai-nilai akhlaq al-karimah yang di tanamkan oleh musyrifah hal ini di buktikan dengan mahasantri rutin dilaksanakannya sholat berjamaah, dzikir wirid, setelah itu sehabis isya membaca rotib, lailatus sholawat, dan kegiatan ma’had lainnya, selain itu dalam bidang mu’amalah, mahasantri sudah mengimplementasikan nilai-nilai akhlaq al karimah seperti kejujuran, berintraksi rukun dengan sesama, dan kedisiplin. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa peran musyrifah di pusat Ma’had Darul Hikmah IAIN kediri sangat penting dalam upaya penanaman akhlak al-karimah pada mahasantri. Melalui bimbingan dan motivasi dari musyrifah para mahasantri mampu mengamalkan nilai-nilai akhla

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy (Kurikulum dan Pedagogi Agama)
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES (Filosofi dan Studi Agama) > 2204 Religion and Religious Studies (Agama dan Studi Agama) > 220403 Islamic Studies (Studi Islam) > 22040302 Morals and Sufism (Akhlak dan Tasawuf) > 2204030201 Morals (Akhlak)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: ILA WALADATUN AMINAH
Date Deposited: 09 Aug 2024 07:41
Last Modified: 09 Aug 2024 07:41
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/14003

Actions (login required)

View Item View Item