PENERAPAN METODE UMMI DALAM PEMBELAJARAN AL-QUR’AN PADA ORANG DEWASA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN DI MAJELIS PENDIDIKAN AL-QUR’AN AL-MUBAROK PESANTREN KOTA KEDIRI

KHOLIK, NUR (2018) PENERAPAN METODE UMMI DALAM PEMBELAJARAN AL-QUR’AN PADA ORANG DEWASA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN DI MAJELIS PENDIDIKAN AL-QUR’AN AL-MUBAROK PESANTREN KOTA KEDIRI. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932116214_PRA BAB.pdf

Download (561kB)
[img] Text
932116214_BAB I.pdf

Download (352kB)
[img] Text
932116214_BAB II.pdf

Download (412kB)
[img] Text
932116214_BAB III.pdf

Download (190kB)
[img] Text
932116214_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (312kB)
[img] Text
932116214_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (238kB)
[img] Text
932116214_BAB VI.pdf

Download (285kB)
[img] Text
932116214_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (457kB)

Abstract

Kata Kunci: Al-Qur‟an, Pembelajaran Al-Qur‟an, Metode Ummi Al-Quran merupakan pedoman dan petunjuk hidup bagi umat Islam, yang sudah tidak ada keraguan di dalamnya. Mengingat sangat pentingnya Al-Qur‟an sebagai pedoman dan petunjuk hidup umat Islam, maka umat Islam harus mampu membaca Al-Qur‟an dengan benar sesuai kaidah. Maka dari itu perlu diadakannya pembelajaran Al-Qur‟an kepada semua umat Islam tanpa memandang usia. Dalam proses pembelajaran membaca Al-Qur‟an diperlukan sebuah metode dalam upaya pencapaian pembelajaran. Metode pembelajaran Al-Qur‟an di Indonesia sudah berkembang dan sangat beragam. Dan salah satu metode tersebut adalah metode Ummi. Metode Ummi merupakan metode yang mengenalkan cara membaca AlQur‟an dengan tartil yang hanya menggunakan 1 lagu yaitu rost. Pendekatan yang digunakan dalam pembelajaran Al-Qur‟an metode Ummi adalah pendekatan bahasa ibu, dan pada hakekatnya pendekatan bahasa Ibu itu ada 3 unsur: metode langsung, diulang-ulang dan kasih sayang yang tulus. Fokus penelitian ini adalah 1. bagaimana penerapan metode Ummi pada orang dewasa di Majelis Pendidikan Al-Qur‟an (MPA) Al-Mubarok 2. bagaimana materi metode Ummi pada orang dewasa 3. bagaimana evaluasi metode Ummi pada orang dewasa di MPA AlMubarok 4. bagaimana hasil pembelajaran Al-Qur‟an selama menggunakan metode Ummi di MPA Al-Mubarok. Dalam penelitian ini penulis menggunakan pendekatan kualitatif untuk mengumpulkan data penelitian, peneliti menggunakan metode yaitu metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan untuk menganalisis data, penulis menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan untuk pengecekan keabsahan data menggunakan peningkatan ketekunan, trianggulasi sumber dan teknik. Dari penelitian ini diperoleh kesimpulan bahwa penerapan pembelajaran metode Ummi di Majelis ini meliputi 4 tahapan yaitu pembukaaan, apersepsi, penanaman konsep dan drill serta do‟a penutup. Materi yang digunakan ada 3 yaitu jilid untuk anak-anak, jilid dewasa dan tingkatan Al-Qur‟an penambahan tajwid dan ghorib. Evaluasi dilakukan setelah satu jilid telah usai dan pada tingkatan Al-Qur‟an dilakukan setelah 1 surat selesai. Sedangkan hasil yang diperoleh adalah kemampuan membaca Al-Qur‟an pada orang dewasa mengalami peningkatan.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130214 Teaching Arabic as a Foreign Language (Ta'lim al-'Arabiyah Lighairi al-Nathiqin Biha) Curriculum and Pedagogy > 13021408 Maharat al-Qira'ah (Reading Skill)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Yudi Sumarsono
Date Deposited: 15 Sep 2020 05:16
Last Modified: 15 Sep 2020 05:16
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/1393

Actions (login required)

View Item View Item