Sari, Dwi Nadiana (2024) Pengembangan Media PAHIMBA Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Materi Pembagian Di MI Miftahul Falaah Manisrenggo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
20206036_prabab.pdf Download (875kB) |
|
Text
20206036_bab1.pdf Download (550kB) |
|
Text
20206036_bab2.pdf Download (394kB) |
|
Text
20206036_bab3.pdf Download (726kB) |
|
Text
20206036_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text
20206036_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (197kB) |
|
Text
20206036_daftar_pustaka.pdf Download (414kB) |
|
Text
20206036_lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
|
Text
932603620_sp.pdf Download (129kB) |
Abstract
Terbatasnya media pembelajaran menyebabkan siswa kurang tertarik pada pembelajaran matematika materi pembagian dikelas III-A MI Miftahul Falaah Manisrenggo yang berdampak pada kurangnya pemahaman dan hasil belajar yang kurang maksimal, karena pembelajaran yang disampaikan masih bersifat abstrak. Sehingga perlu adanya pengembangan media pembelajaran yang kreatif dan inovatif. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pengembangan, kelayakan, dan efektivitas media pembelajaran papan hitung pembagian (PAHIMBA) untuk meningkatkan hasil belajar siswa materi pembagian di MI Miftahul Falaah Manisrenggo. Penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (Research and Development) yang menggunakan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation). Subjek Uji coba pada penelitian ini adalah peserta didik kelas III MI Miftahul Falaah Manisrenggo, dan menggunakan validator yang terdiri dari 2 ahli media, 2 ahli materi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) pengembangan media PAHIMBA melalui 5 tahapan yaitu Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. 2) Kelayakan media PAHIMBA dilihat dari hasil uji validasi ahli media, ahli materi, dan respon peserta didik. Hasil validasi dari ahli media mendapatkan persentase 90% dengan kategori sangat valid/ layak digunakan, yang mana persentase 95% dari ahli media I, dan persentase 85% dari ahli media II. Sedangkan dari validasi ahli materi mendapatkan persentase 97,5% dengan kategori sangat valid/ layak digunakan, yang mana persentase 95% dari ahli materi I, dan persentase 100% dari ahli materi II. Kemudian untuk respon peserta didik mendapatkan kategori sangat valid digunakan, dengan persentase 94,2% pada uji coba produk skala kecil dan 97,6% pada uji coba produk skala besar. 3) Efektivitas media PAHIMBA dilihat dari hasil tes peserta didik. Hasil tes pada uji coba skala kecil diperoleh nilai N-Gain dengan persentase 80,95% dengan kategori Efektif. Kemudian untuk hasil tes uji coba skala besar diperoleh nilai N-Gain dengan persentase 80,25% dengan kategori Efektif. Jadi, dapat disimpulkan bahwa media PAHIMBA ini sangat efektif digunakan dan dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Matematika materi Pembagian.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education (Pendidikan dasar) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | DWI NADIANA SARI |
Date Deposited: | 06 Sep 2024 07:36 |
Last Modified: | 06 Sep 2024 07:36 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/13919 |
Actions (login required)
View Item |