Pengembangan Media Heyzine Flipbook untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa pada Mata Pelajaran PAI dan Budi Pekerti di SMAN 1 Prambon

Nisa', Khoirun (2024) Pengembangan Media Heyzine Flipbook untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa pada Mata Pelajaran PAI dan Budi Pekerti di SMAN 1 Prambon. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

This is the latest version of this item.

[img] Text
20201111_prabab.pdf

Download (914kB)
[img] Text
20201111_bab1.pdf

Download (223kB)
[img] Text
20201111_bab2.pdf

Download (333kB)
[img] Text
20201111_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (718kB)
[img] Text
20201111_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (23kB)
[img] Text
20201111_bab5.pdf

Download (133kB)
[img] Text
20201111_daftarpustaka.pdf

Download (91kB)

Abstract

Penelitian ini berlatar belakang mengenai permasalahan keaktifan belajar siswa sehingga penelitian ini merumuskan masalah pada: 1) prosedur pengembangan media berbasis heyzine flipbook, 2) validitas media pembelajaran berbasis heyzine flipbook, dan 3) peningkatan keaktifan belajar siswa pada saat menggunakan media pembelajaran berbasis heyzine flipbook. Untuk itu, peneliti mengembangkan media pembelajaran berbasis heyzine flipbook menggunakan model penelitian ADDIE yang dikembangkan oleh Dick dan Carry. ADDIE adalah singkatan dari Analysis (analisis), Design (perencanaan), Development (pengembangan), Implementation (implementasi), dan Evaluation (evaluasi). Hasil yang diperoleh peneliti yaitu: 1) prosedur pengembangan media pembelajaran berbasis heyzine flipbook untuk meningkatkan keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran PAI dan Budi Pekerti di SMAN 1 Prambon menggunakan model ADDIE oleh Dick dan Carry. Tahap analisis peneliti melakukan analisis yaitu analisis peserta didik, kurikulum, kebutuhan siswa, dan materi. Tahap perencanaan peneliti mengumpulkan buku dan sumber belajar dan mempersiapkan instrumen angket. Tahap pengembangan melakukan proses pengembangan media pembelajaran berbasis heyzine flipbook yang dirancang melalui website heyzine flipbook dan melakukan validasi dari ahli media dan materi. Tahap implementasi melakukan pengamatan awal dan akhir untuk mengetahui apakah terjadi peningkatan keaktifan belajar siswa setelah menggunakan media pembelajaran berbasis heyzine flipbook dan melakukan uji coba produk pada kelompok kecil dan besar. Pada tahap terakhir yaitu evaluasi peneliti melakukan perbaikan yang disarankan oleh ahli validasi, 2) validitas media pembelajaran diperoleh dari para ahli yaitu ahli media yang mencapai presentase 100%, sedangkan ahli materi 95,83% yang keduanya termasuk dalam kriteria sangat layak. Media pembelajaran berbasis heyzine flipbook diakses melalui link menggunakan telepon genggam masing-masing siswa dan memperoleh respon dari pengguna media (siswa) melalui uji coba kelompok kecil dan besar masing-masing memperoleh presentase 100% dan 98,18% dimana keduanya termasuk dalam kriteria sangat layak, dan 3) peningkatan keaktifan belajar siswa diketahui dari observasi awal berdasarkan indikator keaktifan belajar siswa sebelum menggunakan media pembelajaran berbasis heyzine flipbook yang memperoleh presentase 28,89% dan observasi akhir setelah menggunakan media pembelajaran berbasis heyzine flipbook memperoleh presentase 91,11% sehingga terjadi peningkatan sebesar 62,23%.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130210 Physical Education and Development Curriculum and Pedagogy (Pendidikan Jasmani dan Pengembangan Kurikulum dan Pedagogi)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: KHOIRUN NISA`
Date Deposited: 26 Aug 2024 02:49
Last Modified: 26 Aug 2024 02:49
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/13898

Available Versions of this Item

  • Pengembangan Media Heyzine Flipbook untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa pada Mata Pelajaran PAI dan Budi Pekerti di SMAN 1 Prambon. (deposited 26 Aug 2024 02:49) [Currently Displayed]

Actions (login required)

View Item View Item