Sa'adah, Nihayatus (2024) Efektivitas Metode An-Nahdliyah dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Santri di TPQ Roudlotul Ikhwan Prambon Nganjuk. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
20201130_prabab.pdf Download (675kB) |
|
Text
20201130_bab1.pdf Download (260kB) |
|
Text
20201130_bab2.pdf Download (344kB) |
|
Text
20201130_bab3.pdf Download (323kB) |
|
Text
20201130_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (816kB) |
|
Text
20201130_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (324kB) |
|
Text
20201130_bab6.pdf Download (73kB) |
|
Text
20201130_daftar_pustaka.pdf Download (174kB) |
Abstract
Pada era modern ini yang kebanyakan orang tua dan anak hanya fokus dan tertarik pada gadgét dan tidak peduli pada Al-Qur’an. Sehingga banyak sekali anak-anak yang sudah dewasa namun belum bisa membaca Al-Qur’an dengan baik dan benar. Dalam hal ini peran orang tua sangat dibutuhkan. Namun tidak semua orang tua memiliki kemampuan untuk mengajar putra-putrinya agar bisa membaca al-Qur’an. Keberadaan TPQ sangat di butuhkan masyarakat karena dengan adanya TPQ anak-anak dapat mengenal firman-firman Allah. Penelitian ini difokuskan pada metode An-Nahdliyah. Metode ini dikenal sebagai metode cepat tanggap belajar Al-Qur’an. Adapun fokus penelitian ini adalah (1) bagaimana pelaksanaan metode An-Nahdliyah dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an Santri di TPQ Roudlotul Ikhwan, (2) bagaimana kemampuan bacaan santri yang telah lulus jilid 6 dengan menggunakan metode An-Nahdliyah di TPQ Roudlotul Ikhwan. Berdasarkan fokus penelitian tersebut, maka tujuan penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan pelaksanaan metode An-Nahdliyah dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an Santri di TPQ Roudlotul Ikhwan, (2) mendeskripsikan kemampuan bacaan santri yang telah lulus jilid 6 dengan menggunakan metode An-Nahdliyah di TPQ Roudlotul Ikhwan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Sumber data pada penelitian ini diantaranya Kepala TPQ Roudlotul Ikhwan, Ustadz Ustadzah, Wali Santri serta santri TPQ Roudlotul Ikhwan. Teknik pengumpulan data yang dilakukan yakni dengan wawancara, observasi serta dokumentasi. Adapun analisis data dengan cara pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data dan pengambilan kesimpulan. Sedangkan untuk menguji keabsahan data yakni dengan ketekunan pengamatan, triangulasi, analisis kasus negatif dan member check. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, maka hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa (1) pelaksanaan metode An-Nahdliyah di TPQ Roudlotul Ikhwan menggunakan 2 tahap pelaksanaan yaitu klasikal dan privat individual. Adapun penggunaan ketukan sebagai ciri khas metode An-Nahdliyah ini sebagai alat untuk mempermudah santri dalam memahami bacaan. Selain itu juga pada pelaksanaannya juga terdapat evaluasi pembelajaran jilid santri, (2) kemampuan bacaan santri yang telah lulus jilid 6 dengan menggunakan metode An-Nahdliyah di TPQ Roudlotul Ikhwan adalah santri mampu membaca Al-Qur’an dengan makhraj dan tajwid yang benar dan santri mampu membaca Al-Qur’an dengan tartil menggunakan nada nahawand.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130102 Early Childhood Education (Pendidikan usia dini) 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130108 Technical, Further and Workplace Education (Pendidikan dan pelatihan) 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130199 Education systems not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | NIHAYATUS SA`ADAH |
Date Deposited: | 08 Aug 2024 04:44 |
Last Modified: | 08 Aug 2024 04:44 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/13896 |
Actions (login required)
View Item |