Eksekusi Barang Jaminan Gadai Syariah Perspektif Maslahah Najm Al-Din Al-Thufi (Studi Pada KSPPS Bina Assalam Mandiri Kediri)

Sari, Winda (2024) Eksekusi Barang Jaminan Gadai Syariah Perspektif Maslahah Najm Al-Din Al-Thufi (Studi Pada KSPPS Bina Assalam Mandiri Kediri). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
934205319_prabab.pdf

Download (553kB)
[img] Text
934205319_bab1.pdf

Download (708kB)
[img] Text
934205319_bab2.pdf

Download (523kB)
[img] Text
934205319_bab3.pdf

Download (333kB)
[img] Text
934205319_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (396kB)
[img] Text
934205319_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (400kB)
[img] Text
934205319_bab6.pdf

Download (92kB)
[img] Text
934205319_daftarpustaka.pdf

Download (306kB)
[img] Text
934205319_Lembar Pernyataan Persetujuan Publikasi.pdf

Download (160kB)

Abstract

Akad gadai merupakan jalan keluar yang dilakukan oleh masyarakat, terutama masyarakat menengah kebawah untuk memenuhi kebutuhan hidupnya yang sangat mendesak. Penerapan gadai syariah tidak selalu berjalan dengan lancar sesuai kesepakatan awal. Beberapa debitur tidak mampu membayar tagihan yang telah ditentukan pada awal kontrak. Pada pelaksanaan eksekusi seperti ini sering terjadi permasalahan, sehingga maslahah menjadi tujuan akhir dari permasalahan ini. Fokus penelitian ini dibagi menjadi 2, yaitu: 1). Bagaimana pelaksanaan eksekusi barang jaminan gadai syariah di KSPPS Bina Assalam Mandiri, 2). Bagaimana pelaksanaan eksekusi barang jaminan gadai syariah di KSPPS Bina Assalam Mandiri menurut maslahah Najm al-Din al-Thufi. Tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan bagaimana pelaksanaan eksekusi barang jaminan gadai syariah di KSPPS Bina Assalam Mandiri dan juga untuk menjelaskan bagaimana pelaksanaan eksekusi barang jaminan gadai syariah di KSPPS Bina Assalam Mandiri menurut maslahah Najm al-Din al-Thufi. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah field research atau penelitian lapangan dan metodologi yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif fenomenologi. Pendekatan penelitian fenomenologi merupakan suatu pendekatan untuk memahami peristiwa-peristiwa kehidupan manusia dalam pemikiran dan perilaku masyarakat sebagaimana yang dipahami atau dipikirkan oleh individu itu sendiri. Sumber data yang digunakan yaitu sumber data primer dan sumber data sekunder. Dan metode pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa eksekusi barang jaminan gadai syariah yang dilakukan oleh KSPPS Bina Assalam Mandiri digolongkan menjadi dua, yaitu dengan cara kekeluargaan dan dengan cara hukum. 1). Dalam pelaksanaan cara kekeluargaan KSPPS melakukan negosiasi dan mencari solusi,diantaranya adalah dengan restruktur turun platfon, turun angsuran, atau perpanjangan tenor. Apabila cara kekeluargaan tidak membuahkan hasil, maka akan dilakukan cara kedua yakni: 2). Penyelesaian dengan cara hukum menyita barang jaminan untuk menutupi tanggungan anggota. Eksekusi yang dijalankan oleh KSPPS Bina Assalam Mandiri Kediri jika dikaitkan dengan maslahah Najm al-Din al-Thufi terdapat dua opsi yang pertama pada waktu pelaksanaan eksekusi barang jaminan sesuai dengan indikator maslahah Thufi pada empat gagasan pokok maslahah Thufi. Yang kedua, pada saat proses penjualan barang, proses negosiasi tidak melibatkan anggota, sehingga anggota merasa dirugikan karena harga jual tidak sesuai yang anggota harapkan. Hal ini sangat bertentangan dengan indikator maslahah Thufi dalam kriteria maslahahnya yang menjelaskan tentang penolakan segala bentuk kerugian.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES (inc : Akuntansi, Perbankan, Manajemen, Pemasaran, Pariwisata, dll) > 1502 Banking, Finance and Investment, Financial Institution > 150299 Banking, Finance and Investment not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Jurusan Perbankan Syariah
Depositing User: Winda Sari
Date Deposited: 08 Aug 2024 03:20
Last Modified: 08 Aug 2024 03:20
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/13885

Actions (login required)

View Item View Item