Implementasi Model Pembelajaran Problem Based Learning Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Di MTs Sunan Gunung Jati Gurah

IZZA, LAILY FARIHATUL (2024) Implementasi Model Pembelajaran Problem Based Learning Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Di MTs Sunan Gunung Jati Gurah. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
20201044_prabab.pdf

Download (1MB)
[img] Text
20201044_bab1.pdf

Download (411kB)
[img] Text
20201044_bab2.pdf

Download (555kB)
[img] Text
20201044_bab3.pdf

Download (291kB)
[img] Text
20201044_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (387kB)
[img] Text
20201044_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (321kB)
[img] Text
20201044_bab6.pdf

Download (270kB)
[img] Text
20201044_daftarpustaka.pdf

Download (383kB)
[img] Text
20201044_lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
20201044_lembarpernyataanpersetujuanpublikasi.pdf

Download (195kB)

Abstract

Laily Farihatul Izza, Dosen pembimbing Dr. H. Anis Humaidi, M.Ag dan M. Nabil Khasbullah S.EI, M.Pd. I, Implementasi Model Pembelajaran Problem Based Learning Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Di MTs Sunan Gunung Jati Gurah, Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah, IAIN Kediri, 2024. Kata Kunci: Model Pembelajaran Problem Based Learning, Akidah Akhlak. Proses pembelajaran harus menyesuaikan dengan perkembangan zaman. perencanaan pembelajaran harus dikuatkan dengan model atau strategi. Model pembelajaran Problem Based Learning adalah model pembelajaran yang sesuai dengan perkembangan zaman sesuai dengan kurikulum yang diterapkan yaitu kurikulum merdeka. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah 1) Untuk mendiskripsikan perencanaan pembelajaran Akidah Akhlak dengan menggunaan model pembelajaran Problem Based Learning, 2) Untuk mengeksplorasi pelaksanaan model pembelajaran Problem Based Learning, 3) Untuk mendeskripsikan hasil pembelajaran Akidah Akhlak menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan jenis penelitian natural observation, teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yakni dengan reduksi data, penyajian data, dan pengambilan kesimpulan dan verifikasi. Dan yang sudah sesuai kemudian dilakukan triangulasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Perencanaan model pembelajaran Problem Based Learning pada mata pelajaran Akidah Akhlak di MTs Sunan Gunung Jati disusun pada rapat Guru yang diadakan pada setiap awal bulan tepatnya antara tanggal 1-5 dan dituangkan dalam Modul Ajar. Dilengkapi dengan pelatihan dan pembinaan. Perencanaan model pembelajaran Problem Based Learning fokus pada materi kelas VII. 2) Pelaksanaan model pembelajaran Problem Based Learning terdiri dari tiga tahap yaitu kegiatan pembuka terdiri dari salam pembuka, doa, pengecekan kehadiran Peserta Didik, dan pemberian pertanyaan pemantik. Kegiatan inti terdiri dari pembentukan kelompok, pemberian soal berpa konflik, diskusi mencari solusi, presentasi, dan tanya jawab. Kegiatan penutup terdiri dari pemberian kesimpulan, tanya jawab, pemberian informasi tetang materi pertemuan mendatang, doa, dan salam penutup. 3) Hasil pembelajaran Akidah Akhlak menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning memiliki hasil kognitif dan afektif yang berbeda. Materi yang menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning memiliki hasil afektif yaitu Peserta Didik lebih aktif, berfikir kritis, analisis, kreatif dan Percaya Diri. Dan hasil kognitif diketahui memiliki nilai yang terus meningkat diatas KKM dengan rata-rata nilai 82. Materi yang tidak menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning memiliki hasil afektif yaitu Peserta Didik cenderung lebih pasif. Dan hasil Kognitif Peserta Didik diketahui nilai maksimal sesuai dengan KKM yaitu dengan rata-rata nilai 75.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation (Penilaian dan Evaluasi Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Laily Farihatul Izza
Date Deposited: 15 Aug 2024 07:40
Last Modified: 15 Aug 2024 07:40
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/13869

Actions (login required)

View Item View Item