Peran Budaya Organisasi Dalam Meningatkan Kinerja (Studi Pada NU CARE LAZISNU MWCNU Prambon, Nganjuk)

Suciati, Eka Fitri (2024) Peran Budaya Organisasi Dalam Meningatkan Kinerja (Studi Pada NU CARE LAZISNU MWCNU Prambon, Nganjuk). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
934200619_prabab.pdf

Download (1MB)
[img] Text
934200619_bab1.pdf

Download (488kB)
[img] Text
934200619_bab2.pdf

Download (675kB)
[img] Text
934200619_bab3.pdf

Download (340kB)
[img] Text
934200619_bab4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (868kB)
[img] Text
934200619_bab5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (669kB)
[img] Text
934200619_bab6.pdf

Download (206kB)
[img] Text
934200619_daftar_pustaka.pdf

Download (435kB)

Abstract

Budaya organisasi merupakan nilai atau keyakinan, pemahaman yang di pegang teguh oleh pengurus atau anggota suatu organisasi. Budaya organisasi pada Lazisnu Prambon ialah value atau nilai-nilai yang selalu di terapkan pada lembaga sehingga menjadi kebiasaan dalam melakukan kegiatan atau pekerjaan dengan baik dan maksimal. Kinerja merupakan hasil yang diperoleh oleh suatu organisasi baik bersifat profit oriented dan non profit oriented yang dihasilkan selama satu periode. Kinerja pada Lazisnu Prambon ditunjukkan pada peningkatan di penghimpunan dan pentasyarufan, beberapa program kerja, membaiknya citra lembaga serta kualitas para pengurusnya. Peran budaya organisasi dalam meningkatkan kinerja mampu memberikan semangat para pengurus dalam menjalakan setiap aktivitasnya. Tujuan penelitian ini untuk menjelaskan budaya organisasi dan menganalisa peran budaya organisasi dalam meningkatkan kinerja di NU CARE-LAZISNU MWCNU Prambon, Nganjuk.Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian lapangan (field research). Sumber data yang digunakan yaitu sumber data primer dan sekunder, sedangkan metode pengumpulan data terdiri dari wawancara, observasi dan dokumentasi. Peneliti mengecek keabsahan data dengan ketekunan pengamatan, triangulasi, perpanjangan partisipasi peneliti. Sedangkan analisis dilakukan dengan tiga tahapan yakni reduksi data, paparan dan sajian data serta penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) budaya organisasi yang di terapkan di NU CARE LAZISNU MWCNU Prambon, Nganjuk ialah khidmah, menjaga nama baik Nahdatul Ulama (NU), filantropis, inovatif, pelaksanaan madrasah amil, syiar ke-NU an, diklatsus (pendidikan dan pelatihan khusus). (2) Peran budaya organisasi sangat mempengaruhi peningkatan kinerja di NU CARE-LAZISNU MWCNU Prambon, Nganjuk. Peningkatan di tunjukkan pada indikator kuantitas seperti peningkatan penghimpunan dan pentasyarufan, peningkatan yabila, peningkatan penerima zakat mal serta penghargaan yang telah di raih. Kualitas kerja diketahui dari pembagian tugas di setiap acara serta absensi yang di sediakan setiap acara. Pengukuran kerjasama diukur melalui seringnya rapat koordinasi dan adanya kerjasama dari beberapa toko, rumah sakit dan komunitas. Untuk tanggung jawab diterapkan melalui budaya organisasi menjaga nama baik NU serta bentuk khidmah dengan ikhlas melaksanakan tugas pengambilan koin NU. Selain peningkatan kinerja yang ada tetap ada kekurangan dan juga kendalanya yaitu masih banyak pengurus yang kurang peduli dengan oganisasi, keterbatasan waktu pengurus untuk melaksanakan dan berpartisipasi dalam kegiatan pengelolaan ZIS serta masih banyak pengurus yang belum memahami ilmu zakat secara mendalam. Pengaruh budaya organisasi dapat menumbuhkan semangat para pengurusnya.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE (Ilmu Bahasa, Komunikasi dan Budaya) > 2002 Cultural Studies > 200204 Cultural Theory
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Jurusan Perbankan Syariah
Depositing User: Eka Fitri Suciati
Date Deposited: 05 Aug 2024 07:28
Last Modified: 05 Aug 2024 07:28
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/13828

Actions (login required)

View Item View Item