Sholikhah, Nurul Qomariatus (2024) Peningkatan Reputasi Sekolah Melalui Program Adiwiyata Di Mts Negeri Gresik. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
20205058_prabab.pdf Download (1MB) |
|
Text
20205058_bab1.pdf Download (342kB) |
|
Text
20205058_bab2.pdf Download (477kB) |
|
Text
20205058_bab3.pdf Download (360kB) |
|
Text
20205058_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text
20205058_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (366kB) |
|
Text
20205058_bab6.pdf Download (208kB) |
|
Text
20205058_daftarpustaka.pdf Download (320kB) |
|
Text
20205058_pernyataanpublikasi.pdf Download (304kB) |
Abstract
Sekolah dipandang sebagai suatu lembaga yang dapat memperbaiki kehidupan masyarakat serta mengetahui kebutuhan masyarakat. Untuk mewujudkan hal tersebut, sekolah harus menampilkan persepsi yang baik dimata publik. Reputasi sebuah sekolah merupakan serangkaian opini, persepsi, serta perilaku atas setiap individu dalam suatu lembaga pendidikan yang berkaitan dengan performa lembaga pendidikan. Di MTs Negeri Gresik Program adiwiyata merupakan salah satu cara untuk meningkatkan reputasi sekolah sebab bersifat berkelanjutan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan reputasi sekolah melalui program adiwiyata di MTs Negeri Gresik mulai perencanaan, pemanfataan, dan persepsi masyarakat.Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik analisis data dengan pengumpulan data, menginterpretasikan data, dan menarik kesimpulan. Teknik dan instrumen pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian diantaranya yaitu: Pertama, Perencanaan program adiwiyata dalam meningkatkan reputasi di MTs Negeri Gresik, yaitu membentuk tim adiwiyata dengan melibatkan semua unsur sekolah, menyusun kajian lingkungan dengan menggunakan angket, penyusunan rencana aksi lingkungan berdasarkan pada hasil kajian lingkungan, pelaksanaan aksi lingkungan dilakukan dengan membuat program kerja (pokja), evaluasi dan monitoring dilaksanakan dalam rangka memperbaiki dan melihat hasil pelaksanaan program adiwiyata di MTs Negeri Gresik serta untuk mengembangkan program adiwiyata selanjutnya. Kedua, Pemanfaatan program adiwiyata dalam meningkatkan reputasi di MTs Negeri Gresik mengacu pada empat komponen dasar program adiwiyata, yaitu (1) Kebijakan berwawasan lingkungan; (2) Kurikulum berbasis lingkungan; (3) Kegiatan lingkungan berbasis partisipatif; (4) Pengelolaan sarana pendukung ramah lingkungan. Ketiga, Persepsi masyarakat mengenai reputasi sekolah setelah adanya program adiwiyata di MTs Negeri Gresik, yaitu (1) Kredibilitas yang dilakukan dengan menggaungkan status adiwiyata mandiri, penggunaan media sosial untuk memperkuat reputasi sekolah melalui program adiwiyata, pemilihan orang tua terhadap sekolah karena suasana bersih dan nyaman. (2) Kepercayaan publik dilihat banyak kunjungan sekolah lain ke MTs Negeri Gresik, peningkatan jumlah peminat sekolah. (3) Tanggung jawab berjalan baik dalam pelaksanaan program adiwiyata. (4) Kehandalan personel sekolah handal dalam meningkatkan reputasi sekolah.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130101 Continuing and Community Education (Pendidikan Berkelanjutan dan Komunitas) 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development (Teori dan Pengembangan Kurikulum dan Pedagogi) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Nurul Qomariatus Sholikhah |
Date Deposited: | 05 Aug 2024 06:27 |
Last Modified: | 05 Aug 2024 06:27 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/13821 |
Actions (login required)
View Item |