Kusuma, Diana Ayu (2024) Penerapan Reward dan Punishment untuk Meningkatkan Kinerja Guru di MI Ma'arif NU Insan Cendekia Kota Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
20205136_prabab.pdf Download (3MB) |
|
Text
20205136_bab1.pdf Download (861kB) |
|
Text
20205136_bab2.pdf Download (995kB) |
|
Text
20205136_bab3.pdf Download (911kB) |
|
Text
20205136_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text
20205136_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (902kB) |
|
Text
20205136_bab6.pdf Download (824kB) |
|
Text
20205136_daftar_pustaka.pdf Download (847kB) |
|
Text
20205136_suratpernyataan.pdf Download (128kB) |
Abstract
Penelitian ini untuk mengetahui penerapan reward dan punihment untuk meningkatkan kinerja guru di MI Ma’arif NU Insan Cendekia Kota Kediri. Kinerja guru akan merasa puas dan dihargai dengan adanya reward yang diberikan sebagai balas jasa yang diberikan. Punishment diberikan apabila guru melanggar peraturan yang telah ditetapkan oleh madrasah atas konsekuensi yang guru kerjakan. Fokus penelitian ini dalah: 1) Penerapan reward dan punishment untuk meningkatkan kinerja guru di MI Ma’arif NU Insan Cendekia Kota Kediri, 2) Penerapan punishment untuk meningkatkan kinerja guru di MI Ma’arif NU Insan Cendekia Kota Kediri, 3) Bagaimana kinerja guru di MI Ma’arif NU Insan Cendekia Kota Kediri dengan diterapkannya reward dan punishment. Pendekatan ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan jenis wawancara terpusat, dalam pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi sumber data dalam penelitian ini adalah Kepala Madrasah, Bendahara Madrasah, Waka Kurikulum, dan Guru Madrasah. Analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan atau verifikasi. Pengecekan keabsahan temuan penelitian berdasarkan, ketekunan pengamatan, melakukan trianggulasi, dan menggunakan kecukupan refrensi. Hasil penelitian yang dilakukan adalah 1) Penerapan reward sudah diberikan dengan baik terdapat pemberian motivasi untuk guru, dan pemberian gaji secara tepat waktu melalui rekening bank BSI, dalam pemberian reward dinilai melalui absensi guru setiap harinya, bentuk-bentuk reward di MI Ma’arif NU Insan Cendekia Kota Kediri berupa gaji, tunjangan bagi guru, bonus insentif, penghargaan non finensial berupa penghargaan interpersonal, promosi jabatan, dan penghargaan intrinsik berupa penyelesaian, pencapian kinerja guru, dan otomi, 2) Penerapan punishment di MI Ma’arif NU Insan Cendekia Kota Kediri apabila guru melanggar peraturan akan diberikan puinihment hukuman ringan berupa teguran lisan, teguran tertulis, hukuman sedang berupa penundaan kenaikan jabatan, penurunan gaji, hukuman berat berupa penurunan pangkat atau pergantian jabatan, pembebasan jabatan, pemberhentian kerja, pemutusan hubungan kerja, 3) Kinerja guru di MI Ma’arif NU Insan Cendekia Kota Kediri setelah diterapkannya reward dan punishment menjadi lebih meningkat karena hak dan kewajiban telah terpenuhi, terkait dengan partisipasi, guru lebih aktif dalam dalam melaksanakan tugas pembelajaran yang dapat dilihat dari keualitas hasil kerja, inisiatif, kemampuan dan komunikasi guru. Penerapan reward dan punishment bisa berdampak besar bagi peningkatan kinerja guru. Reward menjadikan guru lebih semangat lagi dalam melakukan kinerjanya dan punishment sebagai hukuman atas kesalahan yang diperbuat dengan tidak melaksanakan peraturan madrasah yang telah dibuat.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education (Pendidikan dasar) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | DIANA AYU KUSUMA |
Date Deposited: | 05 Aug 2024 04:59 |
Last Modified: | 05 Aug 2024 04:59 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/13808 |
Actions (login required)
View Item |