Penerapan Prinsip Good Corporate Governance (GCG) Dalam Meningkatkan Penghimpunan Dan Pendistribusian Zakat, Infaq, Shadaqah (Studi Pada Lazismu Kabupaten Nganjuk)

Rohmah, Febriana Nur (2024) Penerapan Prinsip Good Corporate Governance (GCG) Dalam Meningkatkan Penghimpunan Dan Pendistribusian Zakat, Infaq, Shadaqah (Studi Pada Lazismu Kabupaten Nganjuk). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
934210019_prabab.pdf

Download (772kB)
[img] Text
934210019_bab1.pdf

Download (390kB)
[img] Text
934210019_bab2.pdf

Download (260kB)
[img] Text
934210019_bab3.pdf

Download (145kB)
[img] Text
934210019_bab4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (359kB)
[img] Text
934210019_bab5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (426kB)
[img] Text
934210019_bab6.pdf

Download (20kB)
[img] Text
934210019_daftarpustaka.pdf

Download (166kB)
[img] Text
934210019_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

FEBRIANA NUR ROHMAH, 2024. Penerapan Prinsip Good Corporate Governance (GCG) Dalam Meningkatkan Penghimpunan dan Pendistribusian di LAZISMU Kabupaten Nganjuk, Program Studi Perbankan Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam. Dosen Pembimbing (1) Dr. Hj. Sulistyowati, SHI., M.E.I. dan (2) Yopi Yudha Utama, SE, MSA. Kata Kunci: Penerapan Prinsip Good Corporate Governance (GCG) Dalam Meningkatkan Penghimpunan dan Pendistribusian Zakat, Infaq, Shadaqah Di LAZISMU Kabupaten Nganjuk. Good Corporate Governance (GCG) merupakan suatu tata kelola sebuah Perusahaan atau organisasi secara transparancy (keterbukaan), accountability (akuntabilitas), fairness (keadilan), responsibility (pertanggungjawaban), independency (kemandirian), yang bertujuan menambah rasa percaya antara pemilik dana pada pengelola dana. Adanya pengelolaan lembaga yang diatur dengan mekanisme yang baik, diharapkan mampu mendorong lembaga bekerja lebih baik dari sebelumnya. LAZISMU Kabupaten Nganjuk merupakan lembaga pengelola zakat, infaq, shadaqah dan bantuan kemanusiaan lainnya yang memiliki beberapa prestasi dan penghimpunan yang meningkat setiap tahunnya dengan menerapkan prinsip GCG. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan prinsip good corporate governance dalam meningkatkan penghimpunan dan pendistribusian zakat, infaq, shadaqah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Data primer dan data sekunder digunakan peneliti sebagai field research (penelitian lapangan) yang disertai dengan pengamatan, wawancara, dan dokumentasi sebagai teknik pengumpulan data. Analisis data dilakukan melalui reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Sedangkan pengecekan keabsahan data dilakukan melalui menambah waktu pengamatan,teknik triangulasi, dan dependability. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Di LAZISMU Kabupaten Nganjuk penerapan GCG sudah diterapkan secara optimal namun, ada beberapan penerapannya yang belum maksimal yaitu diindikator corporate social responsibility (CSR), dan melakukan kemitraan masyarakat pada prinsip responsibility, LAZISMU belum optimal karena lebih mementingkan program kemanusian pada tahun 2023. Tetapi pada indikator lain prinsip responsibility seperti anggaran dasar, perundang-undangan, keterbukaan informasi sesuai regulasi, etika, moral dan akhlak telah diterapkan LAZISMU Nganjuk dengan baik. 2) penerapan GCG memberikan peran terhadap meningkatnya penghimpunan dan pendistribusian zakat, infaq, shadaqah di LAZISMU Nganjuk, menurut pendapat Manajer dan Ketua LAZISMU Nganjuk memberikan alasan keterkaitannya GCG untuk meningkatkan penghimpunan dan pendistribusian di LAZISMU sangat berpengaruh karena penerapan good corporate governance akan meningkatkan kepercayaan donatur terutama pada prinsip transparency, accountability, dan responsibility.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES (inc : Akuntansi, Perbankan, Manajemen, Pemasaran, Pariwisata, dll) > 1502 Banking, Finance and Investment, Financial Institution > 150203 Financial Institutions (incl. Banking) > 15020309 Philanthropic Institution (Lembaga Filantropi; incl. Lembaga Filantropi Syariah/ Laziswaf)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Jurusan Perbankan Syariah
Depositing User: Febriana Nur Rohmah
Date Deposited: 05 Aug 2024 04:57
Last Modified: 05 Aug 2024 04:57
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/13805

Actions (login required)

View Item View Item