Hanifaturrohmah, Siti (2020) Konsep Pendidikan Karakter Dalam Qs Al-Hujurat Ayat 11-13 Dan Relevansinya Terhadap Pendidikan Karakter Di Indonesia (Studi Pendidikan Karakter Dalam Penguatan Pendidikan Karakter (PPK)). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
932145215 prabab.pdf Download (1MB) |
|
Text
932145215 bab1.pdf Download (187kB) |
|
Text
932145215 bab2.pdf Download (129kB) |
|
Text
932145215 bab3.pdf Download (416kB) |
|
Text
932145215 bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (164kB) |
|
Text
932145215 bab5.pdf Download (117kB) |
|
Text
932145215 DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (95kB) |
|
Text
932145215 lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (49kB) |
Abstract
Al-Qur’an diturunkan oleh Allah sebagai petunjuk dan pembimbing bagi makhluk-Nya. Ia juga menduduki sebagai sumber hukum islam yang pertama. Sebagai sumber hukum pertama Al-Qur’an memberikan pedoman bagi manusia untuk belajar melalui pendidikan. Salah satunya adalah pendidikan karakter. Di dalam Al-Qur’an banyak disebutkan berbagai macam pendidikan salah satunya pendidikan karakter religius yang mencerminkan keimanan dan ketakwaan hamba kepada sang pencipta. Di Indonesia pendidikan karakter religius juga tercantum dalam peraturan presiden yang akan di implementasikan oleh warga Indonesia, sebab pendidikan karakter yang ada dalam permendikbud atau peraturan presiden dan pendidikan karakter yang ada pada Al-Qur’an ini sangat perlu diperjuangkan sebagimana yang dijelaskan dalam Qs Al-Hujurat ayat 11-13. Penelitian ini bermaksud untuk menggali dan mengetahui bagaimana konsep pendidikan karakter yang terdapat dalam Qs Al-Hujurat ayat 11-13 serta relevansinya terhadap pendidikan karakter di Indonesia. Penelitian ini merupakan studi ayat (teks) yang mendasarkan datanya pada kajian pustaka (library reserch). Data penelitian yang terkumpul kemudian dianalisis dengan metode analisis isi yakni analisis ilmiyah tentang isi pesan / komunikasi secara mendalam. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa dalam Qs Al-Hujurat memiliki enam kandungan pendidikan karakter yakni larangan mengolok-olok, larangan saling mengejek, larangan memanggil dengan panggilan yang buruk, larangan su’udhon atau berprasangka, larangan mencari-cari kesalahan orang lain, nilai ta’aruf atau saling mengenal. Keenam karakter yang disebutkan dalam Al-Qur’an memberikan gambaran yang sangat jelas tentang pelaksanaan pendidikan di Indonesia yakni dengan adanya PPK yang memiliki relevansi yang kuat yakni larangan mengolok-olok, larangan saling mengejek, larangan memanggil dengan panggilan yang buruk, larangan su’udhon atau berprasangka, larangan mencaricari kesalahan orang lain, nilai ta’aruf atau saling mengenal merupakan karakter dalam bentuk olah hati, olah pikir, olah rasa dan karsa. larangan mengejek, larangan mengolo-olok, larangan memanggil dengan panggilan buruk, larangan mencari-cari kesalahan orang lain,larangan berprasangka buruk termasuk kedalam nilai karakter hubungan dengan diri sendiri dan sesama sedangkan nilai ta’aruf termasuk kelalam kelompok nilai kebangsaan.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130305 Educational Counselling (Konseling Pendidikan) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Muh Hamim |
Date Deposited: | 02 Sep 2020 03:22 |
Last Modified: | 02 Sep 2020 03:22 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/1380 |
Actions (login required)
View Item |