Pengembangan Media Permainan Insulator And Conductor (INSCO) Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Kelas V Pada Mata Pelajaran IPA Di MI Al Irsyad Al Islamiyyah

SARI, PUTRI WIDIYA (2024) Pengembangan Media Permainan Insulator And Conductor (INSCO) Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Kelas V Pada Mata Pelajaran IPA Di MI Al Irsyad Al Islamiyyah. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
20206011_prabab.pdf

Download (817kB)
[img] Text
20206011_bab1.pdf

Download (256kB)
[img] Text
20206011_bab2.pdf

Download (236kB)
[img] Text
20206011_bab3.pdf

Download (360kB)
[img] Text
20206011_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
20206011_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (126kB)
[img] Text
20206011_bab6.pdf

Download (42kB)
[img] Text
20206011_daftarpustaka.pdf

Download (172kB)
[img] Text
20206011_lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)
[img] Text
20206011_lembarpernyataanpersetujuanpublikasi.pdf

Download (233kB)

Abstract

PUTRI WIDIYA SARI, Dosen Pembimbing, Dr. Septiana Purwaningrum, M.Pd.I dan Aziza Anggi Maiyanti, S.Si, M.Pd. Pengembangan media permainan Insulator and Conductor (INSCO) untuk meningkatkan minat belajar siswa kelas V pada mata pelajaran IPA di MI Al Irsyad Al Islamiyyah, Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah, IAIN Kediri, 2024. Kata kunci: Media Permainan, Insulator and Conductor (INSCO), Minat Belajar Media permainan Insulator and Conductor (INSCO) merupakan salah satu media yang digunakan untuk menunjang kegiatan pembelajaran, dengan adanya media permainan insco peserta didik diharapkan tertarik, senang, terlibat dalam pembelajaran dan adanya perhatian siswa sehingga dapat meningkatkan minat belajar siswa kelas V. Tujuan peneliti mengembangkan media permainan Insulator and Conductor (INSCO) ini yaitu: 1) prosedur pengembangan media permainan Insulator and Conductor (INSCO) untuk siswa kelas V pada mata pelajaran IPA di MI Al Irsyad Al Islamiyyah; 2) kelayakan media permainan Insulator and Conductor (INSCO) pada siswa kelas V pada mata pelajaran IPA di MI Al Irsyad Al Islamiyyah; dan 3) mengetahui peningkatan minat belajar siswa setelah menerapkan media permainan Insulator and Conductor (INSCO). Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research and Development (R&D). Dengan menggunakan model pengembangan ADDIE yang meliputi Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas V-C di MI Al Irsyad Al Islamiyyah. Dengan jumlah peserta didik sebanyak 21. Instrumen pengumpulan data pada penelitian ini yaitu observasi, wawancara, angket minat belajar sebelum dan sesudah serta dokumentasi, Teknik analisis data yang digunakan peneliti yakni data kuantitatif dan kualitatif. Penelitian dan pengembangan ini menghasilkan 1) prosedur pengembangan dalam penelitian ini meliputi 5 tahapan yaitu: analisis, desain, pengembangan, implemtasi, evaluasi dan produk yang dikembangkan peneliti berupa media permainan Insulator and Conductor (INSCO); 2) kelayakan produk berdasarkan hasil validasi ahli desain media sebesar 82,5% yang dikategorikan sangat layak. Validasi dari ahli materi sebesar 92,5% dan 100% yang dikategorikan sangat layak; dan 3) untuk mengukur peningkatan minat belajar siswa penulis menggunakan angket minat belajar sebelum dan sesudah penerapan media permainan insco. Untuk menghitung hasil penulis menggunakan uji N-gain. Hasil uji N-gain diperoleh 0,7 dengan kriteria tinggi. Dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan hasil minat belajar siswa kelas V pada mata pelajaran IPA di MI Al Irsyad Al Islamiyyah setelah menerapkan media permainan Insulator and Conductor (INSCO). Peningkatan minat belajar siswa ditandai dengan indikator ketertarikan siswa, perhatian, perasaan senang dan keterlibatan siswa dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education (Pendidikan dasar)
13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130201 Creative Arts, Media and Communication Curriculum and Pedagogy (Kurikulum dan Pedagogi Seni Kreatif, Media dan Komunikasi)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: PUTRI WIDIYA SARI
Date Deposited: 05 Aug 2024 03:56
Last Modified: 05 Aug 2024 03:56
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/13756

Actions (login required)

View Item View Item