Strategi Bauran Pemasaran Jasa Pendidikan Di SD Islam Terpadu Al Ummah Jombang Untuk Meningkatkan Kepuasan Pelanggan

Ardiansyah, Muhammad Wahyu (2024) Strategi Bauran Pemasaran Jasa Pendidikan Di SD Islam Terpadu Al Ummah Jombang Untuk Meningkatkan Kepuasan Pelanggan. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932408320_prabab.pdf

Download (1MB)
[img] Text
932408320_bab1.pdf

Download (224kB)
[img] Text
932408320_bab2.pdf

Download (413kB)
[img] Text
932408320_bab3.pdf

Download (160kB)
[img] Text
932408320_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
932408320_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (322kB)
[img] Text
932408320_bab6.pdf

Download (47kB)
[img] Text
932408320_daftarpustaka.pdf

Download (123kB)
[img] Text
932408320_lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
932408320_lembarpersetujuanpublikasi.pdf

Download (197kB)

Abstract

Lembaga pendidikan sekarang ini mengalami persaingan yang semakin ketat. Strategi pemasaran jasa pendidikan merupakan alat yang dapat dijadikan untuk bersaing guna menciptakan eksistensi dan memberikan kepuasan pelanggan. beberapa lembaga pendidikan yang kurang dalam melakukan pemasaran pendidikan akan berdampak pada penurunan jumlah peserta didik.Penelitian bertujuan untuk mengetahui strategi bauran pemasaran jasa pendidikan untuk meningkatkan kepuasan pelanggan. Penelitian ini dilakukan di SD Islam Terpadu Al Ummah Jombang. Dikarenakan, SDIT Al Ummah sebagai sekolah swasta yang memiliki mutu pendidikan yang baik, dibuktikan dengan akreditasi sekolah yang mendapatkan nilai A sesuai No SK : 133/BAN-S/M.35/SK/X/2022 dan SDIT Al Ummah memiliki peserta didik mencapai 578. Strategi bauran pemasaran menekankan pada unsur 7p (product, price, place, promotion, people, physical Evidence dan proces).Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Pengecekan keabsahan data menggunakan teknik triangulasi dan member check Teknik analisis yang digunakan yaitu dengan melakukan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Metode penelitian kualitatif sesuai untuk menjawab rumusan masalah yang membutuhkan pendeskripsian yang detail dari rumusan masalah yang telah ditetapkan.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa SD Islam Terpadu Al Ummah Jombang dalam memberikan layanan pendidikan untuk mendapatkan kepuasan pelanggan, yaitu melalui strategi bauran pemasaran jasa pendidikan menggunakan variabel 7P: 1.) product, terdapat program unggulan kelas tahfidz, program pembiasaan, makan siang, dan life skill. 2.) Price, meliputi biaya pendaftaran, infaq pengembangan sarana dan prasarana, biaya operasional sekolah, SSP, dan Catering. 3.) Place, letak sekolah cukup strategis yaitu di tengah kota Jombang dan di tenagh pemukiman masyarakat, dan untuk ekspansi pengembangan fasilitas sekolah masih mengupayakan mencarikan lahan. 4.) Promotion,promosi yang dilakukan yaitu menggunakan media sosial sekolah, mengadakan lomba tingkat TK, Mengadakan kegiatan di car free day, memasang spanduk dan sosialisasi ke TK. 5.) Physical Evidence, memiliki sarana dan prasarana yang memadai dan bukti fisik pendukung berupa catatan evaluasi dan prestasi siswa dan rapor pendidikan. 7.)Process, SDIT Al Ummah menggunakan kurikulum merdeka dengan penerapan P5 dan pembelajaran Tilawati Al-Quran. Kepuasan pelanggan dapat dibuktikan dengan adanya pembeli ulang dan pelanggan yang bersedia untuk menyampaikan informasi positif mengenai SDIT Al Ummah Jombang.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education (Pendidikan dasar)
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES (inc : Akuntansi, Perbankan, Manajemen, Pemasaran, Pariwisata, dll) > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations)
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES (inc : Akuntansi, Perbankan, Manajemen, Pemasaran, Pariwisata, dll) > 1505 Marketing
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: MUHAMMAD WAHYU ARDIANSYAH
Date Deposited: 19 Aug 2024 03:13
Last Modified: 19 Aug 2024 03:13
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/13755

Actions (login required)

View Item View Item