MAYHAYATI, SUPRIHATIN (2018) PERAN MA’HAD DALAM MENINGKATKAN AKHLAKUL KARIMAH DAN PRESTASI BELAJAR DI SMPIT BINA INSANI KELURAHAN LIRBOYO KOTA KEDIR. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
932120014_PRA BAB.pdf Download (1MB) |
|
Text
932120014_BAB I.pdf Download (319kB) |
|
Text
932120014_BAB II.pdf Download (358kB) |
|
Text
932120014_BAB III.pdf Download (386kB) |
|
Text
932120014_BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text
932120014_BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (255kB) |
|
Text
932120014_BAB VI.pdf Download (248kB) |
|
Text
932120014_LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
Abstract
Kata Kunci: Ma’had, Akhlakul Karimah, Prestasi Belajar. Ma’had atau pesantren merupakan suatu Lembaga Pendidikan agama Islam yang tumbuh serta diakui masyarakat dengan sistem asrama, salah satu sekolah yang di dalamnya dilengkapi oleh Ma’had adalah SMPIT Bina Insani dengan visnya yaitu untuk mempersiapkan pemimpin yang Qur’ani. Oleh karena itu, penulis tertarik untuk meneliti tentang peran Ma’had dalam meningkatkan akhlakul karimah dan prestasi belajar di SMPIT Bina Insani dengan fokus penelitian diantaranya yaitu : 1) Apa metode yang digunakan Ma’had dalam meningkatkan akhlakul karimah dan prestasi belajar di SMPIT Bina Insani, 2) Bagaimana akhlak siswa SMPIT Bina Insani ketika tinggal di Ma’had, 3) Bagaimana prestasi belajar siswa SMPIT Bina Insani ketika tinggal di Ma’had. Peneliti menggunakan pendekatan kualitatif. Data-data dari lapangan diperoleh melalui metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Setelah semua data diperoleh langkah selanjutnya yaitu melakukan analisis data berupa reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Tahap akhir dalam penelitian ini adalah melakukan teknik pemeriksaan untuk pengecekan keabsahan data dengan cara triangulasi yaitu untuk keperluan pengecekan atau sebagai pembanding terhadap data tersebut. Teknik pemeriksaan didasarkan pada derajat kredibilitas, untuk membuktikan bahwa apa yang berhasil dikumpulkan oleh peneliti telah sesuai dengan kenyataan yang ada dalam penelitian Hasil analisis data menunjukkan: 1) Metode yang digunakan Ma’had dalam meningkatkan akhlakul karimah dan prestasi belajar di SMPIT Bina Insani yaitu: Adanya Kurikulum, Adanya Kegiatan di luar dan di dalam Ma’had, adanya tata tertib, dan Adanya Evaluasi. 2) Akhlak siswa SMPIT Bina Insani ketika tinggal di Ma’had yaitu ada peningkatan dinilai dari aspek akhlak terhadap Allah, seperti peningkatan dalam ibadah wajib dan sunah. Akhlak terhadap manusia, seperti patuh pada orang tua, menghormati guru dan menghargai teman. Akhlak terhadap lingkungan, seperti menjaga kebersihan dan tidak membuang sampah sembarangan. 3) Prestasi belajar siswa SMPIT Bina Insani ketika tinggal di Ma’had yaitu ada peningkatan dinilai dari aspek peningkatan hafalan dan peningkatan nilai mata pelajaran.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education (Pendidikan menengah) 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy (Kurikulum dan Pedagogi Agama) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Yudi Sumarsono |
Date Deposited: | 26 Aug 2020 04:27 |
Last Modified: | 26 Aug 2020 04:27 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/1372 |
Actions (login required)
View Item |