Agustiana, Putri (2024) Pengembangan Media Pembelajaran Al-Qur’an Hadits Berbasis E-Modul Interaktif pada Materi Bacaan Gharib untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas IX MTsN 5 Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
20201013_prabab.pdf Download (2MB) |
|
Text
20201013_bab1.pdf Download (493kB) |
|
Text
20201013_bab2.pdf Download (915kB) |
|
Text
20201013_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text
20201013_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (970kB) |
|
Text
20201013_bab5.pdf Download (572kB) |
|
Text
20201013_lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
20201013_lembarpernyataanpersetujuanpublikasi.pdf Download (175kB) |
Abstract
Penelitian dan pengembangan ini dilatarbelakangi oleh kenyataan bahwa pembelajaran Al-Qur’an Hadits pada materi bacaan gharib masih dianggap pelajaran yang sulit. Fakta ini tentu menjadi tantangan bagi guru untuk melakukan inovasi dan variasi dalam menggunakan media pembelajaran guna menciptakan pembelajaran yang lebih menarik dan interaktif serta memudahkan guru dalam memperjelas materi. Keterbatasan penggunaan media dimana guru hanya menggunakan PowerPoint menyebabkan pembelajaran belum optimal, terkesan membosankan dan monoton sehingga hal tersebut berdampak pada aktivitas peserta didik yang cenderung pasif dan menurunnya hasil belajar. Untuk mengatasi hal tersebut, peneliti berupaya untuk mengembangkan media pembelajaran yang berbasiskan teknologi berupa e-modul interaktif. Tujuan pengembangan ini adalah: (1) untuk mengetahui pengembangan media pembelajaran Al-Qur’an Hadits berbasis e-modul interaktif pada materi bacaan gharib untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas IX MTsN 5 Kediri; (2) untuk mengetahui kelayakan pengembangan media pembelajaran Al-Qur’an Hadits berbasis e-modul interaktif pada materi bacaan gharib untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas IX MTsN 5 Kediri; (3) untuk mengetahui media pembelajaran Al-Qur’an Hadits berbasis e-modul interaktif dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi bacaan gharib kelas IX MTsN 5 Kediri. Jenis penelitian yang digunakan adalah RnD model ADDIE. Dilaksanakan di MTsN 5 Kediri dengan subjek uji coba peserta didik kelas IX-F. Uji validasi meliputi ahli media, ahli materi, dan ahli bahasa. Uji kelayakan penggunaan media diperoleh dari angket respon peserta didik uji coba kelompok kecil dan besar. Hasil belajar diperoleh dari nilai pre-test dan nilai uji kelompok besar peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Pengembangan ini diawali dari tahap analisis, merancang, mengembangkan, mengimplementasikan, dan mengevaluasi produk. Produk yang dihasilkan berupa media e-modul interaktif. Dalam e-modul yang dikembangkan terdapat konten materi, video pembelajaran, dan quiz; (2) Kelayakan validasi ahli media diperoleh presentase 88% sangat layak, ahli materi 96% sangat layak, dan ahli bahasa 97.33% sangat layak. Hasil angket respon kelompok kecil diperoleh presentase 94% sangat layak, uji coba kelompok besar 96.4% sangat layak; (3) Hasil nilai rata-rata pre-test adalah 57.67% dan hasil uji kelompok besar 89.5%. Dari hasil keduanya dianalisis menggunakan uji N-Gain dimana nilai mean diperoleh 0.7632 berada dalam rentang nilai g 0.7 kategori tinggi atau 76.31% kategori efektif. Dapat disimpulkan media e-modul interaktif efektif untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas IX di MTsN 5 Kediri.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130201 Creative Arts, Media and Communication Curriculum and Pedagogy (Kurikulum dan Pedagogi Seni Kreatif, Media dan Komunikasi) 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | PUTRI AGUSTIANA |
Date Deposited: | 02 Aug 2024 07:38 |
Last Modified: | 02 Aug 2024 07:38 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/13687 |
Actions (login required)
View Item |