Penerapan Asesmen Kurikulum Merdeka Pada Pembelajaran PAI dan Budi Pekerti Di SMAN 8 Kota Kediri

Qothrunnada, Nabila (2024) Penerapan Asesmen Kurikulum Merdeka Pada Pembelajaran PAI dan Budi Pekerti Di SMAN 8 Kota Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
20201031_prabab.pdf

Download (761kB)
[img] Text
20201031_bab1.pdf

Download (504kB)
[img] Text
20201031_bab2.pdf

Download (415kB)
[img] Text
20201031_bab3.pdf

Download (302kB)
[img] Text
20201031_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (943kB)
[img] Text
20201031_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (267kB)
[img] Text
20201031_bab6.pdf

Download (191kB)
[img] Text
20201031_daftarpustaka.pdf

Download (180kB)
[img] Text
20201031_lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] Text
932103120_lembar pernyataan berserujuan publikasi.pdf

Download (360kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan penerapan asesmen pembelajaran awal (diagnostik), formatif dan sumatif, serta mengetahui pemanfaatan hasil asesmen pembelajaran kurikulum merdeka. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data melalui reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi dan ketekunan pengamatan. Hasil penelitian ini, pertama penerapan asesmen diagnostik non-kognitif melalui pemberian tugas, pengamatan perilaku siswa di kelas dan pemberian pertanyaan melalui google form. Penerapan asesmen diagnostik kognitif melalui pemberian pertanyaan pemantik, pemberian tugas presentasi, apriori dan apersepsi, serta pemberian pertanyaan melalui aplikasi Quiziz. Kedua, penerapan asesmen pembelajaran formatif melalui pengerjaan soal-soal di BKS, pemberian tugas-tugas dan penekanan terhadap aspek sikap peserta didik. Ketiga, Penerapan asesmen pembelajaran sumatif melalui ulangan harian, STS dan SAS. Keempat, pemanfaatan hasil asesmen dengan pemberian feedback kepada siswa, perbaikan program pembelajaran, perbaikan kinerja guru, perbaikan kinerja sekolah dan penentuan kelulusan siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education (Pendidikan menengah)
13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development (Teori dan Pengembangan Kurikulum dan Pedagogi)
13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation (Penilaian dan Evaluasi Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: NABILA QOTHRUNNADA
Date Deposited: 05 Aug 2024 03:17
Last Modified: 05 Aug 2024 03:17
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/13684

Actions (login required)

View Item View Item