STRATEGI GURU MENANAMKAN NILAI-NILAI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMAN 6 KEDIRI

SHOBRI, ABU NAIM (2018) STRATEGI GURU MENANAMKAN NILAI-NILAI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMAN 6 KEDIRI. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932121813_PRA BAB.pdf

Download (1MB)
[img] Text
932121813_BAB I.pdf

Download (1MB)
[img] Text
932121813_BAB II.pdf

Download (242kB)
[img] Text
932121813_BAB III.pdf

Download (974kB)
[img] Text
932121813_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (454kB)
[img] Text
932121813_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (330kB)
[img] Text
932121813_BAB VI.pdf

Download (133kB)
[img] Text
932121813_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Kata Kunci: Startegi, Nilai-nilai Agama Islam, dan Pendidikan Strategi guru menanaman nilai berupa selalu mengawasi, menasehati dan tidak pernah jera dalam memberikan motivasi dapat dijadikan solusi dalam membentuk perilaku yang baik bagi peserta didik.agar peserta didik memiliki akhlak,sopan santun dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian ini dilakukan di SMAN 6 Kota Kediri. Adapun tujuan dari penelitian ini 1) untuk mendeskripsikan strategi guru dalam menanamkan nilai-nilai Agama Islam 2) untuk mengetahui faktor yang menjadi pendukung dan penghambat dalam menanamkan nilai-nilai pendidikan Agama Islam. 3) untuk mengetahui keberhasilan guru dalam menanamkan nilai-nilai agama islam di SMAN 6 Kota Kediri. Penelitian menggunakan penelitian deskriptif kualitatif. Dalam melakukan pengumpulan data, penulis menggunakan metode observasi, wawancara (interview) dan dokumentasi dengan menggunakan analisis deskriptif, untuk menggambarkan, menuturkan dan melukiskan data yang diperoleh penulis dengan menggunakan katakata atau kalimat yang di pisah-pisah menurut kategori data penelitian guna mendapatkan suatu kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah 1) strategi guru dalam menanamkan nilai-nilai agama islam melalui kegiatan jum’at rutin berupa: membaca surat yasin, dan infaq menggunakan cara langsung dan tidak langsung. Secara langsung yaitu guru menjadi tauladan bagi peserta didik, pembiasaan, pengawasan, dan selalu menasehati peserta didik. Proses secara tidak langsung melalui belajar didalam kelas. 2) faktor pendukung dari penanaman nilai-nilai pendidikan agama Islam yaitu sudah adanya visi dan misi yang jelas, adanya kerjasama dan saling mendukung, kepala sekolah yang berlatarbelakang agama Islam. dan faktor penghambatnya yaitu adanya perbedaan latar belakang agama yang berbeda, terbatasnya waktu dalam pengawasan, faktor lingkungan, keadaan dan kesadaran siswa yang kurang. 3) keberhasilan guru dalam menanamkan nilai-nilai pendidikan agama Islam di sekolah sudah dikatakan baik, hanya saja ruang lingkup yang ada disekolah bermacam-macam agama.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy (Kurikulum dan Pedagogi Agama)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Yudi Sumarsono
Date Deposited: 13 Aug 2020 06:03
Last Modified: 13 Aug 2020 06:03
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/1364

Actions (login required)

View Item View Item