Strategi Pelayanan Dalam Meningkatkan Kepuasan Konsumen Ditinjau Dari Etika Bisnis Islam (Studi Di Dopota Cafe And Donuts Cabang Kecamatan Gedeg Kabupaten Mojokerto)

KHUSNIAH, ARIFAH FIRDA (2024) Strategi Pelayanan Dalam Meningkatkan Kepuasan Konsumen Ditinjau Dari Etika Bisnis Islam (Studi Di Dopota Cafe And Donuts Cabang Kecamatan Gedeg Kabupaten Mojokerto). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
934129919_prabab.pdf

Download (1MB)
[img] Text
934129919_bab1.pdf

Download (403kB)
[img] Text
934129919_bab2.pdf

Download (423kB)
[img] Text
934129919_bab3.pdf

Download (141kB)
[img] Text
934129919_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (513kB)
[img] Text
934129919_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (188kB)
[img] Text
934129919_bab6.pdf

Download (12kB)
[img] Text
934129919_daftarpustaka.pdf

Download (123kB)
[img] Text
934129919_lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
934129919_lembarpernyataanpersetujuanpublikasi.pdf

Download (189kB)

Abstract

Arifah Firda Khusniah, Dosen Pembimbing Moch. Zainuddin, MEI dan Erawati Dwi Lestari, SS, M. Hum. Strategi Pelayanan dalam Meningkatkan Kepuasan Konsumen Ditinjau dari Etika Bisnis Islam (Studi Pada Dopota Cafe And Donuts Cabang Gedeg Kabupaten Mojokerto). Progam Studi Ekonomi Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Institut Agama Islam Negeri (IAIN), Kediri 2023. Kata Kunci : Strategi, Pelayanan, Kepuasan Konsumen, Etika Bisnis Islam Industri makanan dan minuman, sebagai sektor yang penuh tantangan, terus berupaya memenuhi harapan konsumen yang semakin tinggi. Dopota Cafe and Donuts sebagai pelaku dalam industri ini, fokus pada strategi pelayanan untuk meningkatkan kepuasan konsumen dengan memperhatikan nilai-nilai etika bisnis Islam. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi pelayanan Dopota Cafe and Donuts dalam meningkatkan kepuasan konsumen, dengan fokus pada implementasi nilai-nilai etika bisnis Islam. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif sebagai metode penelitian. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Wawancara dilakukan dengan pemilik usaha, karyawan, dan beberapa konsumen di Dopota Cafe And Donuts Cabang Kecamatan Gedeg Kabupaten Mojokerto. Validitas data diverifikasi melalui keikutsertaan peneliti, penetapan pengamatan dalam observasi, dan triangulasi. Data yang terkumpul dianalisis melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Tahapan penelitian meliputi tahap pra lapangan, tahap di lapangan, tahap analisis, dan tahap penulisan laporan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Dopota Cafe And Donuts Cabang Kecamatan Gedeg Kabupaten Mojokerto, berhasil meningkatkan kepuasan konsumen melalui strategi pelayanan yang berfokus pada kualitas produk, respons cepat terhadap keluhan, dan pelayanan ramah serta efisien. Fasilitas yang disediakan, seperti Wi-Fi gratis, stasiun pengisian daya, dan area parkir luas,. Program loyalitas dan paket harga memberikan keuntungan bagi pelanggan yang sering berkunjung. Kebersihan, keamanan, dan kenyamanan dijaga dengan baik, dan proses pesan antar disederhanakan, terutama bagi pelanggan di Desa Gempolkerep yang mendapatkan layanan antar gratis. Penggunaan media sosial dan pesanan online menjadi bagian dari strategi pelayanan, sedangkan kebijakan harga menekankan keseimbangan antara kualitas dan harga bersaing, tanpa biaya tambahan pada harga produk. (2) Dopota Cafe And Donuts Cabang Kecamatan Gedeg Kabupaten Mojokerto menerapkan strategi pelayanan sesuai dengan prinsip-prinsip etika bisnis Islam. Kesatuan, melalui prinsip Tauhid, terwujud dalam komitmen terhadap kepatuhan pada prinsip halal dan thayyib, serta pelatihan etika Islam untuk karyawan. Keadilan tercermin dalam penetapan harga yang sesuai dengan nilai produk, transparansi, dan respons adil terhadap keluhan pelanggan. Prinsip kebebasan diterapkan dengan memberikan kebebasan kepada pelanggan untuk memilih dan menyediakan opsi beragam. Tanggung jawab, diimplementasikan dalam menjalankan bisnis sesuai prinsip-prinsip Islam dan memberikan kontribusi kepada masyarakat melalui kegiatan amal.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 14 ECONOMICS (Ekonomi) > 1402 Applied Economics > 140213 Public Economics- Public Choice
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES (inc : Akuntansi, Perbankan, Manajemen, Pemasaran, Pariwisata, dll) > 1505 Marketing > 150504 Marketing Measurement
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Jurusan Ekonomi Syariah
Depositing User: Arifah Firda Khusniah
Date Deposited: 01 Aug 2024 06:36
Last Modified: 01 Aug 2024 06:36
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/13625

Actions (login required)

View Item View Item