Pengaruh Penanaman Moderasi Beragama Terhadap Nalar Kritis Dan Perilaku Moderat Siswa Di SMKN 1 Ngasem

Fauziah, Eva (2024) Pengaruh Penanaman Moderasi Beragama Terhadap Nalar Kritis Dan Perilaku Moderat Siswa Di SMKN 1 Ngasem. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932104020_prabab.pdf

Download (800kB)
[img] Text
932104020_bab1.pdf

Download (273kB)
[img] Text
932104020_bab2.pdf

Download (398kB)
[img] Text
932104020_bab3.pdf

Download (265kB)
[img] Text
932104020_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
932104020_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (266kB)
[img] Text
932104020_bab6.pdf

Download (137kB)
[img] Text
932104020_daftar_pustaka.pdf

Download (179kB)

Abstract

Penanaman moderasi beragama untuk meningkatkan nalar kritis siswa di SMKN 1 Ngasem dilatarbelakangi oleh kondisi siswa yang beragam. Sedangkan guru di sekolah ini menanamkan nilai-nilai moderasi beragama secara praktisnya sedangkan secara teoritis belum terlaksana. Tujuan penelitian ini, yaitu: 1) Untuk meneliti pengaruh penanaman moderasi beragama terhadap nalar kritis siswa di SMKN 1 Ngasem; 2) Untuk meneliti pengaruh penanaman moderasi beragama terhadap perilaku moderat siswa di SMKN 1 Ngasem. Metode penelitian yang digunakan adalah metode gabungan (mixed method), penelitian kuantitatif dan penelitian kualitatif. Penelitian kuantitatif disini digunakan lebih dominan, sedangkan penelitian kualitatif digunakan sebagai pelengkap. Sumber data diperoleh dari guru PAI dan siswa dengan wawancara, observasi, kuesioner, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Penanaman moderasi beragama terhadap nalar kritis siswa di SMKN 1 Ngasem berpengaruh secara signifikan. Diperoleh nilai sig 0.000 yang berarti lebih kecil dari 0.05. Ini berarti hipotesis nol di tolak, yang berarti ada perbedaan secara signifikan pada skor pretest dan posttest. Jadi disimpulkan, ada pengaruh penanaman moderasi beragama terhadap nalar kritis siswa; 2) Penanaman moderasi beragama terhadap perilaku moderat siswa berpengaruh. Hal ini dapat dilihat dari perilaku siswa yang mencerminkan 4 indikator moderasi beragama, yaitu, komitmen kebangsaan, anti kekerasan, toleransi, dan akomodatif terhadap budaya lokal.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education (Pendidikan menengah)
13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130307 Ethnic Education (Pendidikan Etnis)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: EVA FAUZIAH
Date Deposited: 01 Aug 2024 04:27
Last Modified: 01 Aug 2024 04:27
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/13615

Actions (login required)

View Item View Item