Implementasi Metode Bayani dan Burhani dalam Pembelajaran Fikih Kelas XII di MAN 2 Kota Kediri

Rubiaores, Dito Patric (2024) Implementasi Metode Bayani dan Burhani dalam Pembelajaran Fikih Kelas XII di MAN 2 Kota Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
20201015_prabab.pdf

Download (1MB)
[img] Text
20201015_bab1.pdf

Download (297kB)
[img] Text
20201015_bab2.pdf

Download (335kB)
[img] Text
20201015_bab3.pdf

Download (133kB)
[img] Text
20201015_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
20201015_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (305kB)
[img] Text
20201015_bab6.pdf

Download (37kB)
[img] Text
20201015_daftar_pustaka.pdf

Download (168kB)
[img] Text
20201015_lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dari urgensi terkait metode pembelajaran yang berperan untuk memastikan materi pembelajaran dapat dipahami murid secara utuh. Diantara banyaknya metode pembelajaran, bayani dan burhani merupakan metode yang relevan untuk digunakan dalam pembelajaran fikih. Fokus dari penelitian ini untuk menunjukkan bagaimana implementasi metode bayani dan burhani dalam pembelajaran fikih kelas XII di MAN 2 Kota Kediri, kelebihan dan kekurangannya, serta hasil dari implementasi kedua metode tersebut. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan memakai pendekatan kualitatif. Data yang diperoleh bersumber dari hasil pengumpulan langsung di lapangan. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan mencakup observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini menunjukkan beberapa temuan, diantaranya: 1.) Penggunaan pendekatan linguistik, dalil-dalil tekstual, dan qiyas pada penggunaan metode bayani, 2.) Penggunaan silogisme burhani dan mengaitkan pembelajaran dengan pengalaman dan ilmu scientific pada penggunaan metode burhani, 3.) Kelebihan dari bayani diantaranya peserta didik mampu memahami pesan atau maksud yang terkandung dalam suatu dalil. Kelemahannya adalah peserta didik yang kesulitan membedakan satu kaidah dengan kaidah lainnya karena memiliki kemiripan. Sedangkan dalam burhani peserta didik lebih mudah memahami konsep kaidah yang dijelaskan. Namun kemampuan guru yang harus benar-benar siap karena pertanyaan peserta didik yang tidak bisa ditebak dan membutuhkan jawaban argumentasi logis.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education (Pendidikan menengah)
13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation (Penilaian dan Evaluasi Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: DITO PATRIC RUBIAORES
Date Deposited: 01 Aug 2024 03:58
Last Modified: 01 Aug 2024 03:58
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/13613

Actions (login required)

View Item View Item