Upaya Guru Pendidikan Islam Dalam Membentuk Karakter Siswa Di MTSN 2 Nganjuk

Nasikhah, Maslakhatun (2024) Upaya Guru Pendidikan Islam Dalam Membentuk Karakter Siswa Di MTSN 2 Nganjuk. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
20201165_PRABAB.PDF[2].pdf

Download (787kB)
[img] Text
20201165_BAB 1.PDF.pdf

Download (134kB)
[img] Text
20201165_BAB 2.PDF.pdf

Download (150kB)
[img] Text
20201165_BAB 3.PDF.pdf

Download (90kB)
[img] Text
20201165_BAB 4.PDF.pdf
Restricted to Registered users only

Download (287kB)
[img] Text
20201165_BAB 5.PDF.pdf
Restricted to Registered users only

Download (100kB)
[img] Text
20201165_BAB 6.PDF.pdf

Download (60kB)
[img] Text
20201165_DAFTARPUSTAKA.PDF.pdf

Download (417kB)
[img] Text
20201165_LEMBAR PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI.pdf

Download (109kB)

Abstract

Karakter adalah salah satu karakter yang perlu dikembangkan dalam diri siswa untuk menumbuhkan perilaku sesuai dengan ajaran agama Islam yang berlandaskan Al-Qur’an dan Hadits. Pembentukan karakter perlu diterapkan. Salah satu faktor penting dalam menumbuhkan karakter siswa adalah pembiasaan. Metode pembiasaan merupakan salah satu cara yang efektif untuk menumbuhkan karakter siswa karena dilatih dan dibiasakan untuk melakukannya setiap hari. Adapun fokus penelitian ini : 1) Apa upaya guru Pendidikan Agama Islam dalam membentuk karakter siswa di MTsN 2 Nganjuk 2) Kendala-kendala apa saja yang dilakukan guru Pendidikan Agama Islam dalam membentuk karakter siswa di MTsN 2 Nganjuk 3) Bagaimana solusi guru Pendidikan Agama Islam dalam membentuk karakter siswa di MTsN 2 Nganjuk 4) Apa hasil guru Pendidikan Agama Islam dalam membentuk karakter siswa di MTsN 2 Nganjuk. Penulisan ini menggunakan pendekatan kualitatif. Sedangkan jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data dengan cara wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ini, penulis dapat menyimpulkan bahwa, (1) Upaya guru Pendidikan Agama Islam dalam pembentukan karakter melalui kegiatan shalat dhuha dengan tujuan menghasilkan generasi yang cerdas dan berkarakter. (2)Kendala-kendala karakter siswa kurangnya dasar agama yang dimiliki siswa, hanya sebagian siswa yang belum bisa memahami perbedaan antara keadaan suci atau tidak suci. (3) Solusi membutuhkan perhatian yang cukup untuk memperkuat pemahaman dan nilai-nilai yang diajarkan di sekolah. (4) Hasil pembentukan kebiasaan karakter yang baik tertanam secara mandiri dalam diri siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education (Pendidikan menengah)
13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation (Penilaian dan Evaluasi Pendidikan)
13 EDUCATION (Pendidikan) > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Maslakhatun Nasikhah
Date Deposited: 01 Aug 2024 06:37
Last Modified: 01 Aug 2024 06:37
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/13579

Actions (login required)

View Item View Item