Internalisasi Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) Dalam Pembelajaran PAI dan Budi Pekerti di SMAN 8 Kota Kediri

Putri, Aulia Eka Desiana (2024) Internalisasi Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) Dalam Pembelajaran PAI dan Budi Pekerti di SMAN 8 Kota Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
20201152_PRABAB.pdf

Download (4MB)
[img] Text
20201152_BAB1.pdf

Download (207kB)
[img] Text
20201152_BAB2.pdf

Download (283kB)
[img] Text
20201152_BAB3.pdf

Download (166kB)
[img] Text
20201152_BAB4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (781kB)
[img] Text
20201152_BAB5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (201kB)
[img] Text
20201152_BAB6.pdf

Download (112kB)
[img] Text
20201152_DAFTARPUSTAKA.pdf

Download (176kB)
[img] Text
20201152_LEMBAR PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI.pdf

Download (113kB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh orientasi pendidikan di Indonesia yang secara tidak langsung berkaitan erat dengan nilai-nilai yang termaktub dalam Pancasila. Pancasila sebagai dasar falsafah negara adalah model ideal pluralisme di Indonesia. Karena belakangan ini, pancasila hanya menjadi ungkapan simbolis kenegaraan yang tidak jelas penerapannya, baik dalam kehidupan bernegara maupun bermasyarakat. Padahal, nilai-nilai tersebut merupakan dasar yang digunakan dalam pembentukan karakter anak bangsa yang berbudaya dan berkualitas. Sebagai upaya dalam mewujudkan nilai-nilai tersebut, Kemendikbud meluncurkan program Profil Pelajar Pancasila. Oleh karena itu sangat penting adanya internalisasi karakter nilai-nilai Pancasila oleh semua guru mata pelajaran, terutama guru Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti dalam pembelajarannya untuk diterapkan minimal di dalam sekolah dan terus dikembangkan. Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti sangat menentukan keberhasilan peningkatan mutu dan kepribadian peserta didik. Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti adalah pengajaran yang diberikan untuk membina pengertahuan, membentuk sikap, mengembangkan kepribadian siswa yang bertakwa kepada Allah serta meningkatkan kemampuan siswa dalam menyikapi nilai-nilai Agama. Sehingga tujuan dari penelitian ini adalah untuk: 1) Mengetahui nilai-nilai internalisasi proyek penguatan profil pelajar Pancasila dalam pembelajaran PAI dan Budi Pekerti di SMAN 8 Kediri. 2) Mengetahui proses internalisasi proyek penguatan profil pelajar Pancasila dalam pembelajaran PAI dan Budi Pekerti di SMAN 8 Kediri. Dan 3) Mengetahui faktor pendukung dan penghambat internalisasi proyek penguatan profil pelajar Pancasila dalam pembelajaran PAI dan Budi Pekerti di SMAN 8 Kediri. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Sumber data penelitian ini menggunakan data primer dan data sekunder dengan metode pengumpulan data menggunakan Teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data dengan cara: 1. Pengumpulan data. 2. Reduksi Data. 3. Penyajian Data. 4. Penarikan kesimpulan/verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Nilai-nilai internalisasi proyek penguatan profil pelajar Pancasila dalam 6 dimensi yakni a. beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan berakhlak mulia, b. mandiri, c. bergotong-royong, d. berkebhinekaan global, e. bernalar kritis, dan f. kreatif telah berhasil diinternalisasikan pada pembelajaran PAI dan Budi Pekerti di SMAN 8 Kota Kediri. 2) Proses internalisasi proyek penguatan profil pelajar Pancasila dalam pembelajaran PAI dan Budi Pekerti ini dilaksanakan dengan menyesuaikan kondisi peserta didik dan profil apa yang akan diinternalisasikan. Dimulai dengan pendidik menyiapkan modul ajar yang di dalamnya berisi tentang rencana strategi, proses dan evaluasi pembelajaran serta sarana prasarana yang dibutuhkan. 3) Faktor pendukung dan penghambat internalisasi proyek penguatan profil pelajar Pancasila dalam pembelajaran PAI dan Budi Pekerti yakni faktor pendukungnya ada sekolah melalui kepala sekolah dan waka kurikulum, kemudian fasilitator itu sendiri, orang tua dari peserta didik, dan peserta didik. Sedangkan faktor penghambatnya yaitu ada dari fasilitator yang terkadang masih berbeda persepsi, kemudian dari peserta didik yang kurang kreatif, malas serta kurang paham akan dimensidimensi profil pelajar pancasila. Dan kebutuhan dana untuk menunjang projek profil pelajar Pancasila yang sedang direalisasikan.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education (Pendidikan menengah)
13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development (Teori dan Pengembangan Kurikulum dan Pedagogi)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Aulia Eka Desiana Putri
Date Deposited: 01 Aug 2024 06:37
Last Modified: 01 Aug 2024 06:37
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/13572

Actions (login required)

View Item View Item