ZUHRINNADA, AINAYYA ALFATHA (2024) Penguatan Literasi Al-Qur’an Melalui Metode Yanbu’a Pada Siswa Kelas 5 SDNU Mutiara Insani Mojo Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
20201043_prabab.pdf Download (1MB) |
|
Text
20201043_bab1.pdf Download (563kB) |
|
Text
20201043_bab2.pdf Download (701kB) |
|
Text
20201043_bab3.pdf Download (388kB) |
|
Text
20201043_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text
20201043_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (572kB) |
|
Text
20201043_bab6.pdf Download (522kB) |
|
Text
20201043_daftarpustaka.pdf Download (538kB) |
|
Text
20201043_lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
20201043_pernyataanpersetujuanpublikasi.pdf Download (191kB) |
Abstract
Alfatha Zuhrinnada, Ainayya, 2024. Penguatan Literasi Al-Qur’an melalui Metode Yanbu’a pada Siswa Kelas 5 SDNU Mutiara Insani Mojo Kediri. Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah, Institut Agama Islam Negeri Kediri. Dosen Pembimbing (1) Drs. H. Moh. Rois, M.A. dan (2) Maimunatun Habibah, M.Pd.I Kata Kunci: Literasi Al-Qur’an, Metode Yanbu’a Dalam pendidikan Islam, tujuan pembelajaran Al-Qur’an yaitu memungkinkan seseorang untuk membaca sesuai kaidah dan tajwid dengan benar serta sesuai, serta meningkatkan ketaatan serta ketaqwaan pada Allah SWT. Pada SDNU Mutiara Insani Mojo Kediri terdapat kegiatan pembelajaran Al-Qur’an menggunakan metode Yanbu’a. Penelitian ini layak untuk di lakukan hingga selesai karena metode Yanbu’a yaitu metode terkini dalam belajar Al-Qur’an yang membawa pengaruh yang cukup baik bagi siswa SDNU Mutiara Insani Mojo Kediri terbukti dengan banyaknya siswa berprestasi dalam bidang Al-Qur’an khusunya pada kategori tahfidz. SDNU Mutiara Insani menjadikan metode Yanbu’a pedoman literasi Al-Qur’an karena metodenya sistematis, sangat mudah dipelajari dan dipahami oleh siswa, orangtua siswa dan umat. Tujuan penelitian ini adalah 1) Metode Yanbu’a dijadikan Pedoman Literasi Al-Qur’an di SDNU Mutiara Insani Mojo Kediri, 2) Pelaksanaan metode Yanbu’a di kelas 5 SDNU Mutiara Insani Mojo Kediri, 3) Faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan metode Yanbu’a di kelas 5 SDNU Mutiara Insani Mojo Kediri. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Sedangkan jenis penelitian yang digunakan adalah studi kasus. Teknik pengumpulan data dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Model analisis data yang digunakan adalah teori Miles dan Huberman. Subyek dalam penelitian ini merupakan guru baca tulis Al-qur’an dan siswa kelas 5 di SDNU Mutiara Insani Mojo Kediri. Hasil penenelitian ini adalah Pertama, Metode Yanbu’a merupakan metode yang sistematis dan bersanad, menekankan pada pembiasaan membaca Al-Qur’an. Kedua, dimulai dengan kegiatan pembuka, kegiatan inti dan penutup lalu evaluasi oleh ustadzah, Ardhul qira’ah atau biasa disebut dengan sorogan (setoran) yang dilaksanakan 5 hari dalam seminggu. Ketiga, faktor pendukung pelaksanaan metode Yanbu’a di kelas 5 SDNU Mutiara Insani Mojo Kediri ialah dukungan dari pendidik dan orang tua, kemudian fasilitas belajar mengajar yang memadai. Sedangkan faktor penghambatnya ialah kurangnya motivasi kedisiplinan dan konsisten peserta didik dalam pembelajaran Al-Qur’an dan beberapa siswa kurang memahami materi.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation (Penilaian dan Evaluasi Pendidikan) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | AINAYYA ALFATHA ZUHRINNADA |
Date Deposited: | 12 Aug 2024 03:40 |
Last Modified: | 12 Aug 2024 03:40 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/13569 |
Actions (login required)
View Item |