Upaya Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Pembentukan Karakter Siswa Di SMK Pawyatan Daha 1 Kota Kediri

Mahfudhoh, Ati'ul (2024) Upaya Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Pembentukan Karakter Siswa Di SMK Pawyatan Daha 1 Kota Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932115717_prabab.pdf

Download (2MB)
[img] Text
932115717_bab1.pdf

Download (129kB)
[img] Text
932115717_bab2.pdf

Download (605kB)
[img] Text
932115717_bab3.pdf

Download (557kB)
[img] Text
932115717_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (311kB)
[img] Text
932115717_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (537kB)
[img] Text
932115717_bab6.pdf

Download (285kB)
[img] Text
932115717_daftarpustaka.pdf

Download (419kB)
[img] Text
932115717_lampiranlampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (465kB)
[img] Text
932115717_lembarpersetujuanuploadethesis.pdf

Download (194kB)

Abstract

Ditengah era globalisasi yang membawa dampak positif dan negatif bagi kehidupan setiap orang terutama anak-anak yang masih labil, remaja yang butuh pendampingan erat. Dampak negatifnya karena globalisi ini membawa perubahan, salah satunya adalah kenakalan remaja. Datang terlambat, baju tidak dimasukkan, kurangnya bersosialisasi dengan lingkungan sekitar menjadi salah satu hal yang ditemui. Berdasarkan latar belakang tersebut, maka fokus penelitian ini diantaranya (1)Bagaimana Upaya Guru Pendidikan Agama Islam dalam Pembentukan Karakter Siswa di SMK Pawyatan Daha 1 Kota Kediri? (2) Apa Faktor Pendukung dan Penghambat Guru Pendidikan Agama Islam dalam Membentuk Karakter Siswa di SMK Pawyatan Daha 1 Kota Kediri? Penelitian ini menggunakan Pendekatan Deskriptif Kualitatif dan jenis penelitian lapangan ( field research). Dengan mendeskripsikan hasil penelitian dan memamparkan data yang sesuai dengan temuan dilapangan. Untuk memperoleh data atau informasi yang relevan dengan masalah yang dicari, analisis pada penelitian ini menggunakan Analisis Interactive dari Miles dan Michail Huberman yaitu pengumpulan data, reduksi data penyajian data dan penarikan kesimpulan. Sedangkan kebsahan data menggunakan teknik triangulasi data. Berdasarkan penelitian yang dilakukan, hasil penelitian ini dapat penulis simpulkan : 1) Bentuk Upaya Guru PAI dalam Pembentukan Karakter terbagi menjadi tiga nilai karakter, (a) berhubungan dengan Tuhan (religius) upaya yang dilakukan oleh guru PAI membiasakan berdo’a bersama, membaca surat pendek, sholat dhuhur berjama’ah dan kegiatan PHBI di sekolah, (b) berhubungan dengan diri sendiri (jujur upaya yang dilakukan guru PAI memberikan pembelajaran yang berkelompok, memberikan tugas dengan waktu yang ditentukan, disiplin usaha yang dilakukan guru PAI adalah memberikan tauladan terlebih dahulu seperti berangkat dan pulang tepat waktu, memakai pakaian yang rapi, dan berjiwa wirausaha upaya yang dilakukan oleh guru adalah memberikan pembelajaran kewirausahaan serta ekstra membatik), (c) berhubungan dengan sesama (peduli sosial) upaya yang dilakukan oleh guru adalah memberikan contoh kegiatan seperti bakti sosial dengan mengajak siswa sehingga siswa dapat memiliki perasaan saling membantu dan melalui ekstra PMR. 2) Faktor Pendukung dalam Pembentukan Karakter siswa adanya sarana prasarana yang lengkap dan memadai, lingkungan sekolah yang berkontribusi, dan antusias siswa. Sedangkan Faktor Penghambat guru dalam Pembentukan Karakter adalah lingkungan keluarga yang tidak mendukung perubahan siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators (Pendidikan Guru dan Pengembangan Profesional Pendidik)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: ATI`UL MAHFUDHOH
Date Deposited: 31 Jul 2024 08:21
Last Modified: 31 Jul 2024 08:21
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/13566

Actions (login required)

View Item View Item