Implementasi Manajemen Keuangan Dalam Optimalisasi Sarana Dan Prasarana Di SMAN 3 Kota Kediri

Alvina, Frisca Ayu (2024) Implementasi Manajemen Keuangan Dalam Optimalisasi Sarana Dan Prasarana Di SMAN 3 Kota Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
20205078_PRA BAB.pdf

Download (1MB)
[img] Text
20205078_BAB 1.pdf

Download (260kB)
[img] Text
20205078_BAB 2.pdf

Download (296kB)
[img] Text
20205078_BAB 3.pdf

Download (187kB)
[img] Text
20205078_BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (728kB)
[img] Text
20205078_BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (252kB)
[img] Text
20205078_BAB 6.pdf

Download (164kB)
[img] Text
20205078_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (171kB)
[img] Text
Lembar Pernyataan Persetujuan Publikasi Frisca.pdf

Download (116kB)

Abstract

FRISCA AYU ALVINA: 20205078, Implementasi Manajemen Keuangan dalam Optimaliasai Sarana dan Prasarana di SMAN 3 Kota Kediri. Pembimbing I Moh. Zainal Fanani, M.Pd.I. Pembimbing II Siska Yulia Weny, M.Ak.: Program Studi Manajemen Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kediri, 2024. Kata Kunci: Manajemen Keuangan, Optimalisasi, Sarana dan Prasarana Dalam optimalisasi sarana dan prasarana yang dapat memenuhi kebutuhan setiap elemen sekolah tidak terlepas dengan biaya yang digunakan karena jika tidak ada biaya maka suatu proses pendidikan tidak akan berjalan dengan baik. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa suatu lembaga pendidikan harus dapat mengelola dana dan digunakan sebagaimana mestinya untuk menunjang sarana dan prasarana pendidikan. Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) Mengetahui perencanaan manajemen keuangan terhadap optimalisasi sarpras di SMAN 3 Kediri, 2) Mengetahui pelaksanaan manajemen keuangan terhadap optimalisasi sarpras di SMAN 3 Kediri, 3) Mengetahui evaluasi manajemen keuangan terhadap optimalisasi sarpras di SMAN 3 Kediri. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualiatatif dengan menggunakan jenis penelitian deskriptif. Teknik untuk pengumpulan data yang dilakukan adalah dengan cara wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data dengan tahap reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan, sedangkan untuk teknik pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Perencanaan keuangan diajukan pada setiap awal november dengan pembuatan proposal kegiatan anggaran yang dinamakan dengan Rencana Kegiatan Anggaran Sekolah (RKAS) yang memuat anggaran dana dari masing-masing elemen sekolah. RKAS ini dibentuk oleh tim pengembang sekolah yang terdiri dari kepala sekolah, seluruh waka, seluruh bendahara, dan kepala TU. 2) pelaksanaan mekanisme penyaluran dana terbagi menjadi dua tahap untuk dana BOS dan tiga tahap untuk dana BPOPP. Dalam pengoptimalisasi sarpras diperlukan strategi dengan meakukan pengecekan secara rutin. 3) Proses evaluasi manajemen pembiayaan pendidikan dilakukan dengan menskrinonisasi data kegiatan pengeluaran dengan dibuktikan dengan nota pembelanjaan. Proses audit dilakukan oleh BPK dan kejaksaan.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education (Pendidikan menengah)
13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130304 Educational Administration, Management and Leadership (Administrasi Pendidikan, Manajemen dan Kepemimpinan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Frisca Ayu Alvina
Date Deposited: 31 Jul 2024 06:25
Last Modified: 31 Jul 2024 06:25
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/13547

Actions (login required)

View Item View Item