Sistem Pembelajaran Madrasah Aliyah Unggulan Program Madrasah Bertaraf Internasional Dalam Membentuk Kualitas Lulusan Di Amanatul Ummah Pacet Mojokerto

Zaini, Muhamad (2024) Sistem Pembelajaran Madrasah Aliyah Unggulan Program Madrasah Bertaraf Internasional Dalam Membentuk Kualitas Lulusan Di Amanatul Ummah Pacet Mojokerto. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932107120_prabab.pdf

Download (1MB)
[img] Text
932107120_bab1.pdf

Download (251kB)
[img] Text
932107120_bab2.pdf

Download (220kB)
[img] Text
932107120_bab3.pdf

Download (127kB)
[img] Text
932107120_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
932107120_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (179kB)
[img] Text
932107120_bab6.pdf

Download (140kB)
[img] Text
932107120_daftarpustaka.pdf

Download (149kB)
[img] Text
Lembar Pernyataan Persetujuan Publikasi Zain.pdf

Download (110kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) Perencanaan kurikulum muadalah program MBI dalam membentuk kualitas lulusan. (2) Implementasi kurikulum muadalah program MBI dalam membentuk kualitas lulusan. (3) Tahapan Evaluasi kurikulum muadalah program MBI dalam membentuk kualitas lulusan. (4) Dampak kurikulum muadalah program MBI dalam membentuk kualitas lulusan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian bentuk deskriptif. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini yakni wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis deskriptif model Miles dan Huberman yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, serta verifikasi dan simpulan. Keabsahan data menggunakan uji kredibilitas diantaranya, perpanjangan pengamatan, triangulasi data, dan membercheck. Hasil penelitian kurikulum muadalah di MBI Amanatul Ummah adalah (1) Desain kurikulum muadalah program MBI yakni adanya Integrasi antara kurikulum nasional dengan muadalah, bahwa kurikulum muadalah disetarakan dengan kurikulum Al-Azhar dengan tujuan untuk membimbing dan mengarahkan santri-santri untuk dapat melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi, tentu dengan memberikan kegiatan penunjang yang lainnya seperti pengembangan bahasa arab dan inggris (2) Implementasi kurikulum muadalah program MBI yakni dengan memberikan materi-materi atau bahan ajar dari kitab dan disesuaikan dengan kitab-kitab turros salaf yang disetarakan dengan Al-Azhar, seperti Nurul Yaqin, Ta’limul Mutaallim, Tafsir Jalalain, dan Mukhtarul Ahadist dengan menggunakan metode pengajaran seperti pengajian kitab-kitab salaf dan dilaksanakan 2 jam pembelajaran perhari. Dalam hal pengajaran MBI memiliki dua kurikulum dengan tujuan agar santri-santri juga memiliki pengetahuan formal serta non-formal yakni muadalah tersebut. (3) Evaluasi kurikulum muadalah program MBI yakni berkaitan dengan evaluasi program dan evaluasi pembelajaran evaluasi program dilakukan mingguan, bulanan, dan tahunan, seperti mengevaluasi kinerja guru, hasil belajar siswa, perilaku siswa, dan pencapaian siswa. Sedangkan evaluasi pembelajaran dilaksanakan dengan evaluasi formatif dan sumatif. (4) Dampak kurikulum muadalah program MBI dalam membentuk kualitas lulusan yakni bahwa lulusan-lulusan Amanatul Ummah harus bisa melanjutkan pendidikan tinggi ternama di seluruh dunia dan terkhusus di daerah Timur Tengah serta Amanatul Ummah juga merujuk pada visi-misi dan the goal of graduate atau ahdatul mutakhorijin yang digagas oleh pengasuh yaitu, mereka diperuntukkan untuk menjadi ulama’ besar, menjadi para pemimpin (umaro’) yang adil, menjadi konglomerat besar, dan menjadi profesionalis-profesionalis yang berkualitas dan bertanggung jawab.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130101 Continuing and Community Education (Pendidikan Berkelanjutan dan Komunitas)
13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation (Penilaian dan Evaluasi Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: MUHAMAD ZAINI
Date Deposited: 31 Jul 2024 04:48
Last Modified: 31 Jul 2024 04:48
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/13541

Actions (login required)

View Item View Item