Kurniawan, Agus (2024) Implementasi Metode Numbered Heads Together (NHT) untuk Meningkatkan Hasil Belajar pada Mata Pelajaran SKI Kelas X-A di MAN 5 Kediri Tahun Ajaran 2023/2024. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
20201204_prabab.pdf Download (258kB) |
|
Text
20201204_bab1.pdf Download (229kB) |
|
Text
20201204_bab2.pdf Download (254kB) |
|
Text
20201204_bab3.pdf Download (234kB) |
|
Text
20201204_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (265kB) |
|
Text
20201204_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (203kB) |
|
Text
20201204_bab6.pdf Download (36kB) |
|
Text
20201204_daftar_pustaka.pdf Download (155kB) |
|
Text
20201204_lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (421kB) |
|
Text
932120420_sp.pdf Download (295kB) |
Abstract
AGUS KURNIAWAN, NIM 20201204, Dosen pembimbing Dr. Muawanah, M.Pd. dan Dr. Husnul Khotimah M.Pd.I.: Implementasi Metode Numbered Heads Together (NHT) untuk Meningkatkan Hasil Belajar pada Mata Pelajaran SKI Kelas X-A di MAN 5 Kediri Tahun Ajaran 2023/2024. Kata Kunci : Implementasi; Metode Pembelajaran Numbered Heads Together; Hasil belajar; SKI Penelitian ini di latar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran SKI dikarenakan guru menggunakan metode konvensional yang cenderung membuat peserta didik pasif dan cepat bosan. Sedangkan rumusan masalah penelitian ini: 1) Bagaimana bentuk implementasi metode Numbered Heads Together (NHT) pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam kelas X-A di MAN 5 kediri?, 2) Apakah metode Numbered Heads Together (NHT) pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam mampu meningkatkan hasil belajar siswa kelas X-A di MAN 5 kediri?. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas, yang dilaksanakan sebanyak dua siklus, tiap siklus terdiri dari: 1) Perencanaan, 2) Pelaksanaan, 3) Pengamatan, 4) Refleksi. Dalam menganalisa data yang diperoleh dalam penelitian tindakan kelas dianalisis melalui teknik pengumpulan data yang diperoleh peneliti melalui tes, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini: 1) Implementasi metode pembelajaran NHT diterapkan pada mata pelajaran SKI dengan materi Perkembangan Islam Masa Khulafaurrasyidin pada siswa kelas X-A di MAN 5 Kediri dengan siswa berjumlah sebanyak 32 siswa, terdiri dari 13 anak laki-laki dan 19 anak perempuan. Secara garis besar proses kegiatan penerapan pada penelitian ini terdiri dari kegiatan awal, kegiatan inti dan kegiatan akhir. 2) Hasil belajar siswa kelas X-A MAN 5 Kediri dengan menggunakan metode Number Heads Together (NHT) mengalami peningkatan dimana pada pra siklus dengan ketuntasan 8 siswa dengan persentase 25% dan siklus I sebanyak 16 siswa dengan persentase 50% , dan pada siklus II dengan ketuntasan 29 siswa dengan persentase 90,6%. Berdasarkan hasil penilaian siswa dengan demikian ketuntasan belajar klasikal untuk siklus II kelas X-A MAN 5 Kediri sudah mencapai ketuntasan dengan kategori sangat baik.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130201 Creative Arts, Media and Communication Curriculum and Pedagogy (Kurikulum dan Pedagogi Seni Kreatif, Media dan Komunikasi) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | AGUS KURNIAWAN |
Date Deposited: | 31 Jul 2024 02:19 |
Last Modified: | 31 Jul 2024 02:19 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/13514 |
Actions (login required)
View Item |